Cari CPNS Profesional, Bersih dan Kompeten

Cari CPNS Profesional, Bersih dan Kompeten

 

SAMARINDA - Plt Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi menjelaskan, tes penerimaan CPNS di Kaltim kali ini merupakan proses yang harus dilakukan Pemprov Kaltim untuk mendapatkan calon-calon PNS  yang profesional, bersih dan kompeten. 

"Penerimaan CPNS menggunakan sistem CAT ini merupakan indikator penting karena sangat kompetitif dan transparan. Hanya peserta yang cerdas dan berkompetenlah yang akan lulus dalam tes ini," tegasnya. 

Dengan 179 formasi CPNS yang tersedia untuk Kaltim, secara jujur diakui formasi itu belum cukup ideal untuk memenuhi kebutuhan aparatur di Kaltim. Namun yang terpenting menurutnya adalah kualitas PNS. Tingkat kehidupan masyarakat Kaltim yang makin sejahtera dengan tingkat pendidikan yang semakin tinggi, maka tuntutan masyarakat pun kian meninggi. Mereka tentu menginginkan aparatur pemerintah yang mampu bekerja secara profesional, berperilaku bersih dan kompeten di bidangnya.

"Hanya birokrat profesional yang melayani yang bisa diterima oleh publik dan itu yang kami harapkan," pungkas Rusmadi.

Sementara Kepala Kantor Regional VIII Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Banjarmasin, Yudi Yitno memberi pujian bahwa diantara banyak daerah, Kaltim adalah provinsi yang paling siap melaksanakan tes CPNS menggunakan sistem CAT.

"Kaltim dinilai paling siap karena fasilitas CAT sudah diujicoba (simulasi) beberapa kali, digunakan untuk promosi jabatan dan ujian dinas. Kerjasama dengan instansi vertikal juga sudah dilakukan menggunakan fasilitas di sini dan semua berjalan lancar. Kaltim sangat siap," puji Yudi Yitno.

Menanggapi tingginya jumlah pelamar CPNS di Kaltim, Yudi Yitno menjelaskan bahwa pekerjaan sebagai PNS kini telah menjadi destinasi banyak orang. Bisa diartikan, derajat PNS saat ini semakin meningkat. 

"Karena itulah maka tuntutan masyarakatpun semakin tinggi. PNS yang diharapkan adalah PNS yang profesional dan bermartabat. Profesional yang akan diiringi dengan produktifitas kerja. Bermartabat karena setiap pegawai harus mampu menjadi teladan bagi masyarakat yang lain," tegas Yudi Yitno.

Kepala BKD Kaltim Yadi Robyan Noor mengatakan, tes akan digelar hingga 6 Nopember mendatang.  Tes dilaksanakan sejak pukul 8 pagi hingga pukul 7 malam.  "Setiap harinya direncanakan 5 hingga 6 sesi tes. Kecuali hari  Jumat hanya akan dilaksanakan 4 sesi. Peserta harus datang lebih awal, tetap konsentrasi agar bisa menjawab soal dengan sebaik-baiknya," kata Roby. (sul/hmsprov) 

//Foto: BELUM CUKUP. Plt Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi didampingi Kepala BKD Kaltim Yadi Robyan Noor memberikan keterangan pers tentang pelaksanaan tes CPNS di Kaltim. (johan/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation