Cegah Terpapar Corona. Masyarakat Kurangi Kegiatan di Luar Rumah

Foto : Yuvita Indrasari

SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kaltim tetap mengimbau kepada masyarakat untuk disiplin mengisolasi diri dirumah atau tidak melakukan banyak aktivitas diluar rumah. Hal ini guna memutus rantai penyebaran corona virus disease (Covid 19) yang lebih banyak karena adanya kontak langsung. 

 

"Kita berharap tingkat sebaran bisa ditekan. Jadi tolong sampaikan bagaimana menyadarkan masyarakat untuk dispilin mengisolasi diri dirumah. Jika menyayangi diri dan keluarga dimohon untuk tidak melakukan banyak aktivitas diluar rumah," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Andi M Ishak selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid19 Kaltim saat memberikan keterangan pers kepada awak media di Aula Kantor Dinas Kesehatan Kaltim, Samarinda (20/03/2020). 

 

Dalam keterangan pers nya, Andi menjelaskan per hari ini, Jumat 20 Maret 2020, terjadi penambahan terhadap pasien positif Covid 19 di Kaltim. Dari semula tiga kasus positif menjadi sembilan kasus atau ada tambahan enam kasus positif. 

 

"Tambahan kasus positif tersebut berasal dari Balikpapan dengan lima kasus dan Kutai Kartanegara satu kasus. Memang berbeda dengan apa yang disampaikan di televisi nasional, yakni tujuh kasus positif, tetapi setelah kami konfirmasi ternyata satu kasus positif bukan milik Kaltim," jelas Andi. 

 

Andi menekankan media massa baik cetak maupun elektronik hingga media online untuk dapat menyampaikan imbauan dari pemerintah kepada masyarakat terkait mengurangi kegiatan diluar rumah. Demikian juga kepada pemuka agama manapun untuk dapat mengurangi kegiatan keagamaan yang melibatkan banyak orang di tempat-tempat ibadah. 

 

"Kita bersama-sama harus bisa mengedukasi kepada masyarakat supaya dapat memahami isolasi dirumah dan social distancing. Pemprov Kaltim juga telah mengeluarkan surat edaran agar aktivitas anak sekolah diliburkan, membatalkan kegiatan yang melibatkan banyak orang. Jadi biarlah kami yang berada diluar rumah untuk melakukan penangan virus corona ini dan masyarakat tetap dirumah," pungkas Andi. (her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait