Cetak Kader Atlet Anggar Tangguh dan Berprestasi

Gedung Anggar KaltimDiresmikan

SAMARINDA – Prestasi atlet anggar Kaltim harus meningkat, dengan pemenuhan sarana dan sarana latihan yang memadai, seiring dengan  peresmian Gedung Anggar di kawasan Folder Air Hitam Samarinda.

Sarana ini  memiliki nilai dan arti yang strategis, utamanya bagi pembinaan atlet-atlet muda cabang olahraga (Cabor) anggar serta sebagai upaya memberikan semangat dan motivasi kepada atlet yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Nasional XIX 2016 di Jawa Barat serta sejumlah perhelatan olahraga lain.

Demikian dikatakan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dalam sambutan tertulis yang disampaikan Asisten Administrasi Umum Setprov Kaltim Dr Meiliana pada Peresmian Gedung Anggar yang dirangkai dengan pembukaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Anggar dan Prakualifikasi PON Remaja I 2014, di Samarinda, Rabu (20/8).

“Untuk itu, segala sesuatu untuk mencapai target pada PON mendatang harus dipersiapkan dengan matang dan baik. Pembibitan atlet-atlet muda mutlak harus dilakukan melalui program-program pelatihan yang terfokus, maupun melalui berbagai kejuaraan. Gedung ini merupakan fasilitas penunjang untuk pembinaan atlet muda anggar yang berprestasi,” katanya.

Dijelaskan, beberapa kali penyelenggaraan PON yang diikuti Kaltim, ada sejumlah Cabor yang dinominasikan sebagai andalan dan berhasil mendulang medali baik emas, perak maupun perunggu, diantaranya Cabor gulat, sepatu roda, taekwondo, menembak, kempo, berkuda, dansa, angkat besi, angkat berat dan balap motor.

Sedangkan Cabor anggar, dengan Gedung Anggar yang telah diresmikan diharapkan dapat menjadi motivasi bagi peningkatan prestasi, sekaligus tantangan ke depan untuk mencapai prestasi yang lebih baik lagi dari yang diperoleh selama ini.

“Semoga dengan Gedung Anggar dan melalui kejuaraan ini, kita mampu melahirkan kader-kader atlet anggar tangguh dan berprestasi. Guna mencapai hasil yang terbaik di PON XIX nanti, kita juga harus melakukan regenerasi dan pembinaan dengan baik,” jelasnya.

Potensi atlet daerah harus dimanfaatkan semaksimal mungkin,  karena itu menjadi hal penting untuk memberikan kebanggaan bagi masyarakat Kaltim. Seluruh pemangku kepentingan di setiap Cabor juga harus optimis bahwa Kaltim masih memiliki potensi atlet terbaik yang dapat menjadi andalan, tidak terkecuali Cabor anggar.

“Pembinaan atlet sejak dini menjadi salah satu upaya untuk mendapatkan atlet terbaik. Pengurus masing-masing daerah diharapkan mampu merumuskan program pelatihan selain menyusun program penjaringan atlet berbakat. Salah satunya adalah melalui kejuaraan seperti yang dilaksanakan hari ini,” ujarnya.

Pemprov Kaltim juga terus memberikan dukungan penuh untuk pembinaan dan pengembangan cabang olahraga di Kaltim guna meraih prestasi terbaik dan membawa nama harum Kaltim baik di tingkat nasional, regional maupun internasional.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemprov Kaltim, khususnya Gubernur Awang Faroek Ishak yang telah mendukung pembinaan olahraga di daerah, salah satunya dengan membangun Gedung Anggar.

“Ini merupakan gedung anggar pertama yang terbesar dan terbaik di Indonesia. Gedung ini bisa digunakan untuk kejuaraan dunia atau minimal level Asia. Semoga dari sini lahir atlet-atlet anggar berbakat yang beprestasi internasional. Sekali lagi terima kasih kepada Pak Awang Faroek yang telah membangun sebuah fasilitas untuk pembinaan dan kemajuan Cabor di Kaltim,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan pelantikan Pengurus Provinsi (Pengprov) IKASI Kaltim dan Kaltara oleh Ketua PB IKASI Agus Suparmanto. Turut hadir, Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Antonius Wisnu Sutirta, Kepala Dispora Samarinda Makmun AN dan jajaran Pengprov sejumlah Cabor. (her/es/hmsprov).

///FOTO :  Asisten Administrasi Umum Setprov Kaltim Dr Meiliana, menandatangani prasasti Peresmian Gedung Anggar Kaltim yang disaksikan Ketua KONI Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman dan Kepala Dispora Samarinda Makmun AN serta Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya.(heru/humasprov)

 

 

Berita Terkait