Cetak Kader Pemimpin Berkualitas, Andal dan Tangguh

Foto : Istimewa

SAMARINDA–Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Provinsi (Plt Sekdaprov) Kalimantan Timur HM Sa’bani resmi membuka Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I tahun 2020, di Aula II Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kalimantan Timur Jalan HM Rifaddin Samarinda, Rabu (4/3/2020).

.

Sa’bani berharap PKA Angkatan I yang digelar BPSDM Kaltim ini bisa mencetak kader-kader kepemimpinan yang berkualitas, andal dan tangguh. Karena di era informasi yang sangat cepat ini diperlukan para pejabat yang mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

.

”Kita berharap melalui PKA ini membentuk integritas para pejabat supaya dalam melaksanakan tugas tidak melenceng kesana kemari. Dengan integritas yang baik tentunya semuanya dapat menghasilkan prestasi yang baik, kinerja yang baik dan semuanya akan menjadi lebih baik,” harapnya.

.

Kepada peserta, Sa’bani juga berpesan agar dalam pelatihan dapat menambah dan menyerap ilmu sebanyak-banyaknya, untuk kemudian diimplementasikan dalam pekerjaan sehari-hari di organisasi yang dipimpin. 

.

”Dalam PKA, peserta bisa menambah wawasan baru, membentuk diri sebagai seorang pemimpin diorganisasinya di level yang sudah ada dan mampu berkomunikasi dengan mitra sejajar maupun mitra horisontal ataupun dibawahnya. Tentunya mampu membentuk organisasi yang tangguh dengan memberikan inovasi baru, gagasan baru, ide baru yang bisa diterapkan di organisasinya,” pungkasnya.

.

Plt Kepala BPSDM Kaltim HM Aswin mengungkapkan PKA Angkatan I Tahun 2020 kelas provinsi dan kabupaten/kota ini dilakukan untuk membentuk pemimpin-pemimpin yang memiliki kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja, membuat kompetensi kepemimpinan operasional, yaitu kemampuan membuat perencanaan kegiatan dan keberhasilan implementasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

.

Kegiatan diikuti 38 peserta, terdiri PNS dan pejabat struktural di lingkungan Pemprov Kaltim sebanyak 18 orang, Kutai Barat (10 orang), Kutai Kartanegara (5 orang), Berau (3 orang) dan Mahakam Ulu (1 orang). Akan berlangsung mulai 4 Maret sampai 5 Juni 2020.

.

”Mereka akan mengikuti 797 jam pelajaran atau setara dengan 91 hari. Dengan rincian 257 jam pelajaran (31 hari) untuk metode pembelajaran klasikal dan 547 jam pelajaran (60 hari) untuk metode non klasikal. Peserta wajib mengikuti empat agenda, yaitu agenda kepemimpinan Pancasila dan nasionalisme, kepemimpinan kinerja, manajamemen kinerja dan aktualisasi kepemimpinan,” jelas Aswin. 

.

Tampak hadir Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim Hj Ardiningsih, Widyaiswara serta jajaran pejabat eselon III dan IV BPSDM Kaltim. (her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait