Cetak Kaderisasi Ulama Melalui Program BKC

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak  merasa prihatin karena para  ulama atau dai di Kaltim  rata-rata usianya sudah mencapai  60 tahun bahkan ada yang lebih tua. Karena itu   harus segera dilakukan  kaderisasi  ulama/dai melalui program Beasiswa Kaltim Cemerlang (Cerdas, Merata dan Prestasi Gemilang).

"Pemprov Kaltim sejak 2009, sudah melakukan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui program Beasiswa Kaltim Cemerlang," kata Awang Faroek Ishak pada pembukaan Musda IX MUI Kaltim, Selasa (9/2).

Pengkaderan ulama/dai melalui pragram  Beasiswa Kaltim Cemerlang mutlak harus dilakukan, karena fisik para ulama yang sudah berumur tentunya tidak selamanya sehat, kalau sudah begitu tentu diperlukan kaderisasi ulama, sehingga syiar dan pengembangan agama terus berlanjut.

"Tahun ini saya berikan kuota 250 orang untuk pengkaderan ulama/dai, sebagai upaya syiar agama, sehingga tercipta kerukunan antar umat beragama dan kerukunan internal umat beragama,"ujarnya.

Dengan pemahaman yang kuat terhadap agama masing-masing tentu kita menghendaki agar tercipta suatu kerukunan yang damai dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga tercipta persatuan dan kesatuan yang kuat.

Ketua MUI Kaltim  KH Hamri Has mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah melakukan pengkaderisasi ulama dan sudah terbukti sudah ada beberapa kader yang berhasil mendirikan pondok pesantern di Kutai Barat yaitu Ponpes Assalam.

Dia mengatakan dengan dukungan Pemprov Kaltim yang akan memberikan kuota 250 beasiswa untuk kaderisasi ulama/dai, tentu menjadi tantangan dan peluang bagi Umat Islam untuk melakukan pengkaderan di Kaltim.

"Untuk pengkaderan ulama kelemahannya adalah segi bahasa, karena kemampuan kader yang ada untuk Bahasa Arab dan Bahasi Inggris masih kurang, karena itu kedepan dengan bantuan Beasiswa Kaltim Cemerlang, bisa menciptakan kader-kader ulama yang andal untuk pengembangan syiar Islam di Kaltim," kata Hamri Has.(mar/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait
Berita Photo
Berita Photo

27 Juli 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

LENSA KALTIM MAJU 2018
LENSA KALTIM MAJU 2018

15 Februari 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

Government Public Relation