Cinta Tanah Air Harus Ditanamkan Sejak Dini

SAMARINDA - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim H Musyahrim mengatakan cinta tanah air patut ditanamkan kepada anak sejak dini, dengan harapan menciptakan rasa bangga, rasa memiliki, rasa menghargai, menghormati dan loyal pada negara.  
Tercermin dari perilaku membela tanah air, yakni menjaga dan melindungi tanah air, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara, mencintai adat atau budaya negara dengan melestarikan alam dan lingkungan.  
”Kegiatan untuk mendukung kreatifitas para pelajar sudah pasti sangat diperlukan. Misalnya, yang digelar Dinas Pendidikan Kaltim tentang parade cinta tanah air hingga Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). Sehingga dengan kegiatan tersebut para pelajar tidak disibukan dengan hal-hal yang negatif,” kata Musyahrim didampingi Kepala Bidang Pendidikan SMP dan SMA Disdik Kaltim H Asli Nuryadin usai membuka Parade Cinta Tanah Air di Kantor Disdik Kaltim, Rabu (25/9).  
Diharapkan melalui kreatifitas yang telah diprogramkan pemerintah maupun lingkungan sekolah, diharapkan nilai-nilai kebangsaan dapat tertanam di benak anak sejak dini.  Apalagi, saat ini kemajuan teknologi telah meningkat, sehingga menanamkan cinta tanah air harus terus dilakukan.
 ”Itu dilakukan agar mereka mengenal kultur budaya bangsa yang tersebar di daerah. Karena itu, parade cinta tanah air dilaksanakan bagi para pelajar di Kaltim, khususnya yang diikuti pelajar di jenjang SMA dan SMK,” jelasnya.  
Sementara itu, Kabid Pendidikan SMP dan SMA Disdik Kaltim Asli Nuryadin mengatakan pelaksanaan parade cinta tanah air bekerjasama dengan Kementerian Pertahanan dan Korem 091/ASN Kaltim.   
”Peserta terdiri dari 28 tim, terbagi 9 kabupaten dan kota, yakni Samarinda, Balikpapan, Kukar, Kutim, Berau, Paser, PPU, Kubar dan Mahakam Ulu. Termasuk diikuti perwakilan dari sekolah unggulan binaan Pemprov Kaltim SMA Negeri 10 Samarinda. Juara pertama akan dikirim ke Jakarta untuk even serupa di  tingkat nasional pada November ini,” jelasnya. (jay/hmsprov)

///FOTO : H Musyahrim

Berita Terkait