Ciptakan Rasa Aman Masyarakat

” Jelang Pilgub 2013 dan Pileg dan Pilpres 2014

 

SAMARINDA - Setiap masyarakat berhak untuk mendapatkan perlindungan dan rasa aman. Sementara Pemerintah Pusat dan Daerah wajib memberikan rasa aman tersebut.

Demikian dikatakan Kepala Badan Kesatuan, Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Kaltim, Yudha Pranoto saat membuka Peningkatan Kapasitas Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) se-Kaltim di Samarinda, Kamis malam (20/6).

Lanjutnya, perlindungan dan rasa aman bagi masyarakat sangat berpengaruh pada partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi di Kaltim. Apalagi, ada dua agenda politik besar tersebut melibatkan partisipasi masyarakat, yaitu Pemilukada Gubernur pada 2013 dan Pemilihan Presiden pada 2014.

"Sebagaimana kita ketahui, jadwal  Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim  akan digelar pada tanggal 10 September 2013. Sementara itu  pada tahun 2014 akan ada Pemilu Legislatif, baik itu DPD-RI, DPR-RI dan DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota," jelasnya.

Dengan dua agenda politik selama 2013-2014 tersebut, diharapkan peran FKDM dapat lebih ditingkatkan agar dapat mewaspadai potensi terjadinya gesekan dan kerusuhan yang dapat mengganggu jalannya pesta demokrasi tersebut.

Untuk itu pengurus dan anggota FKDM di seluruh kabupaten/kota Kaltim diharapkan dapat membangun komunikasi dan membangun kerjasama  dalam melihat, memetakan, serta meredam setiap konflik di masyarakat sebelum menjadi besar dan meluas.

Dijelaskan, dengan terbitnya Permendagri Nomor 12 Tahun 2006 tentang kewaspadaan masyarakat di daerah menyebutkan penyelenggaraan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat merupakan salah satu wujud dan upaya bersama antara Pemerintah dengan masyarakat secara sinergitas dengan tujuan membangun dan memelihara  kesiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi berbagai potensi timbulnya bencana, baik bencana perang, bencana alam maupun bencana sosial.

Dengan adanya keterlibatan semua pihak, maka diperolah informasi dari masyarakat dan bagi pihak berwajib dalam mendapatkan informasi yang lebih akurat. Informasi ini akan menjadi bahan dan cara untuk mengambil tindakan dalam memelihara keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

"Rasa aman, damai dan situasi yang terjaga merupakan cita-cita seluruh masyarakat Kaltim yang beraneka suku dan etnis. Tujuan ini harus dapat diwujudkan dalam rencana aksi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat di lapangan. Sehingga apa yang dicita-citakan oleh seluruh lapisan masyarakat Kaltim akan dapat tercapai," ujarnya.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini dihadiri lebih dari 50 orang peserta diantaranya tokoh masyarakat, tokoh agama, elemen masyarakat dan jajaran Kesbangpol se Kaltim dengan menghadirkan narasumber dari Polda Kaltim, Kesbangpol provinsi dan Kota Samarinda.(yul/hmsprov)

Foto: Peserta Peningkatan Kapasitas Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) se-Kaltim. (yuliawan/humasprov kaltim).

Berita Terkait