CPP di Kaltim Capai 123,84 Ton

CPP di Kaltim Capai 123,84 Ton

 

SAMARINDA – Tahun anggaran 2014 ini Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Kaltim melalui dana APBD sudah merealisasikan ketersediaan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) mencapai 123,84 ton atau 61,92 persen.

Ketersediaan itu merupakan realisasi kerjasama BKPP Kaltim dengan Badan Usaha Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Kaltim. Sementara berdasarkan SPM tahun 2014 sebesar 60 persen dari kewajiban minimal 200 ton beras.

Menurut Kepala BKPP Kaltim H Fuad Asadin, cadangan pangan pemerintah baik provinsi maupun kabupaten dan kota memungkinkan pemerintah daerah merespon masalah ketahanan pangan secara cepat, tanggap dan fleksibel.

“Khususnya dalam mengatasi kerawanan pangan yang bersifat transien (sementara) akibat bencana alam yang sering terjadi dan bersifat lokal,” ujar Fuad Asadin pada Sosialisasi Cadangan Pangan Pemerintah di Samarinda, Kamis (26/6).

Cadangan pangan lanjut Fuad, suatu upaya strategis untuk mendukung penyediaan cadangan pangan di daerah untuk menghadapi keadaan darurat dan pasca bencana serta melindungi petani/produsen pangan dari gejolak penurunan harga pada waktu panen.

Dijelaskan, pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) dalam mendorong pengembangan CPP di kabupten dan kota telah membangun gudang CPP melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pertanian.

“Tahun 2013 lalu telah dibangunkan lumbung CPP (pembangunan fisik) satu unit di Kabupaten Nunukan menggunakan DAK, sedangkan pengisiannya dilakukan melalui ABPD,” ungkap Fuad Asadin.

Sementara itu Kepala Bidang Ketersediaan Kerawanan dan Distribusi Pangan Agustinus Heryanto menyebutkan saat ini Pemprov melalui dana APBD Provinsi telah membangun 19 unit lumbung pangan masyarakat.

“Lumbung-lumbung tersebut tersebar di sentra-sentra produksi padi. Selain juga terdapat beberapa lumbung yang dibangun kabupaten melalui dana APBD Kabupaten. Sementara ditarget pada tahun ini lumbung pangan tersebut sudah akan terisi seluruhnya,” ujar Agustinus Haryanto.

Sosialisasi diikuti 75 peserta dari seluruh kabupaten di Kaltim dan Kaltara dihadiri Kepala Bidang Cadangan Pangan BKP Kementan Ardi Wijayanto serta Kepala Perum Bulog Divre Kaltim Abdul Nadjib. (yans/sul/hmsprov)

Berita Terkait