CSR Harus Sinergi dengan Program Pemerintah


 

SAMARINDA – Penyaluran dana perusahaan melalui program corporate social responsibility (CSR) kepada masyarakat sebaiknya diarahkan untuk program pengembangan ekonomi. Hal tersebut ditegaskan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat menerima jajaran manajemen VICO Indonesia di Ruang Kerja Gubernur, Kamis (19/1).

Menurut dia, banyak kegiatan perusahaan terkait program sosial dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang perlu diselaraskan dengan program pemerintah.

“Saya minta CSR bisa diarahkan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar perusahaan termasuk kegiatan sosial VICO Indonesia,” katanya.

Awang mengakui masih banyak perusahaan yang tidak peduli dengan kondisi lingkungan dan perekonomian masyarakat sekitarnya.

Buktinya lanjut gubernur, ada perusahaan minyak dan gas besar beroperasi tetapi banyak masyarakat sekitarya masih menerima bantuan sosial berupa beras miskin (raskin).

Padahal ujarnya, banyak program pemerintah yang dapat disinergikan dengan program CSR dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Dana CSR dapat dimanfaatkan untuk kegiatan UMKM, sehingga masyarakat bisa mengembangkan dirinya dengan mengoptimalkan potensi sekitar mereka,” jelas Awang.

Gubernur mengungkapkan pemerintah melalui lembaga perbankan telah menyediakan dana kredit bagi pelaku usaha termasuk UMKM.

“Perusahaan menyediakan dana CSR dan kami melakukan pembinaan bagi pelaku UMKM. Dana itu harus benar-benar langsung dirasakan dan dimanfaatkan masyarakat guna peningkatan taraf hidup mereka,” harap Awang Faroek. (yans/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait