Dadang Sebutkan Stok Hewan Kurban Cukup Tersedia

SAMARINDA - Menjelang hari Raya Idul Adha 1440 H, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Kaltim memastikan stok hewan kurban baik sapi maupun kambing aman dan cukup tersedia. Kepala Disnak dan Keswan Kaltim Dadang Sudarya memastikan ketersediaan stok hewan qurban jenis sapi maupun kambing menjelang hari raya Idul Adha atau hari Raya Kurban tahun ini lebih dari cukup. "Insya Allah, stok sapi dan kambing untuk warga Kaltim dalam menghadapi Hari Raya Idul Adha sudah disiapkan. Bahkan stok hewan kurban dinilai mampu mencukupi dari prediksi kebutuhan," kata Dadang Sudarya, Selasa (16/7/2019).

Meski ketersediaan hewan kurban mencukupi, lanjut Dadang, namun beberapa pedagang hewan kurban masih tetap mendatangkan sapi dari luar daerah Kaltim, sehingga stok daging sapi akan berlimpah dan tidak akan terjadi kekurangan. "Kita akan membentuk tim kesehatan hewan kurban untuk memantau dan memeriksa kesehatan sapi-sapi yang didatangkan para pedagang dari luar Kaltim. Apakah sapi atau hewan kurban sudah layak atau belum untuk dijadikan hewan kurban," tandas Dadang.

Selain melakukan pemantauan dan pemeriksaan hewan kurban ditempat penampungan para pedagang, tim kesehatan hewan kurban juga akan mendatangi tempat-tempat pemotongan hewan kurban khususnya di masjid-masjid. Hal ini penting untuk memastikan kesehatan daging hewan kurban yang sudah potong atau disembelih. "Tim kesehatan akan mendatangi tempat-tempat pemotongan hewan kurban untuk memastikan daging hewan yang dipotong memang terbebas dari berbagai penyakit sebelum dibagi-bagikan kepada masyarakat," ujarnya.

Dadang mengimbau para pedagang yang mendatangkan sapi dari luar Kaltim untuk menggunakan tempat-tempat yang sesuai dan semestinya, jangan sembarang tempat, karena dapat mengganggu keindahan, kebersihan dan ketertiban umum. "Gunakanlah tempat yang sesuai seperti di lahan-lahan kosong, jangan menggaggu lalu lintas, serta selalu menyiapkan pakan ternak dan minumnya, sehingga kesehatan sapi dapat terjamin," pesan Dadang. (mar/her/yans/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation