Kalimantan Timur
Daerah Diminta Bentuk Satgas, Pengendalian Ketahanan Pangan

Dok.humaskaltim

SAMARINDA - Sekretaris  Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo melakukan Video Conference (Vicon) Koordinasi Ketahanan Pangan dengan pemprov dan kabupaten/kota se-Indonesia dengan 499 peserta.

Pemprov Kaltim diwakili Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Kaltim, Abu Helmi.

Abu Helmi menjelaskan Pemprov Kaltim siap menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Mendagri secepatnya untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Ketahanan Pangan.

"Kita siap melaporkan hal yang diminta di dalam Surat Edaran Mendagri tersebut dari Gubernur kepada Mendagri. Tentunya data-data yang diminta tersebut bersumber dari Dinas Pangan Tanaman Pangan dan hortikultura dan Disperindagkop Kaltim serta Biro Ekonomi Setdaprov Kaltim dibawah koordinasi Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan," kata Abu Helmi usai mengikuti vicon dengan Sekjen Kemendagri terkait Ketahanan Pangan yang digelar di Ruang Heart Of  Borneo Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (15/5/2020).

Sebelumya Hadi Prabowo mengharapkan kepada pemprov maupun pemkab/pemkot untuk segera membentuk Satgas Pengendalian Ketahanan Pangan.

"Pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota dalam menjaga ketahanan pangan kiranya  dapat membentuk  Satgas Ketahanan Pangan," pintanya.

Hadi Prabowo juga mengharapkan kepada masing-masing daerah untuk melakukan langkah-langkah antisipasi ketersediaan stok pangan terhadap kebutuhan daerah.

Termasuk juga di bidang perdagangan dan perindustrian harus pro aktif melaporkan kalau ada kendala di lapangan. 

“Pemerintah daerah diharapkan dapat memberikan stimulus ekonomi kepada masyarakat berupa  alat-alat pertanian pupuk, bibit tanaman, alat tangkap nelayan, peralatan kerja untuk memberdayakan UKM. Peralatan kerja dari rumah serta bantuan langsung tunai untuk mendongkrak daya beli masyarakat," kata Hadi Prabowo.

Tampak hadir mendampingi Abu Helmi, Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltim Fuad Asaddin, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim Riza Indra Riadi. Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Kaltim H Nazrin, Plt Dinas Pangan dan Tanaman pangan dan Hortikultura Dadang Sudarya.(mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait