Daerah Harus Mampu Lakukan Terobosan Kepariwisataan

Kondisi Ekonomi dan Stabilitas Keamanan Terjaga

SAMARINDA – Membaiknya tingkat  perekonomian dan pendapatan perkapita masyarakat serta terjaganya stabilitas politik dan  keamanan, diharapkan dapat  menjadi modal bagi kabupaten/kota di Kaltim melakukan terobosan untuk kemajuan kepariwisataan di daerah masing-masing.
“Sudah saatnya dunia kepariwisataan kita bangkit dengan mengangkat seluruh potensi, baik potensi obyek-obyek bersejarah, keindahan alam, permainan tradisional, produk kerajinan kreatif, produk kuliner serta seni dan budaya tradisional maupun modern,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim, HM Aswin yang mewakili Gubernur Kaltim pada penutupan Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam ke-VIII, Minggu malam (17/11).
Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam (FKSBBE) ke-VIII diharapkan berdampak positif bagi upaya pelestarian seni dan budaya daerah, bergairahnya sektor kepariwisataan dan meningkatnya kegiatan usaha ekonomi kecil dan kreatif di daerah ini.
Aswin juga mengajak seluruh peserta dan masyarakat untuk menghidupkan permainan tradisional, antara lain begasing, menyumpit, beturai dan belogo dalam kemasan wisata.Sehingga  dapat memberikan nilai keuntungan dan kesejahteraan bagi masyarakat.
Kepada seluruh peserta dan pendukung Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam (FKSBBE) ke-VIII  yang mencapai 1.000 orang diucapkan terima kasih dan ucapan selamat jalan ke darah masing-masing. Kegembiraan, suka-cita dan harmonisasi yang terjalin selama kegiatan ini, hendaknya tidak sirna begitu saja usai acara.
Kepada panitia, Aswin tidak lupa untuk melakukan evaluasi, sehingga Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam di tahun-tahun mendatang dapat lebih meriah dan berdampak positif bagi dunia kepariwisataan daerah.
 Sementara itu, keluar sebagai juara umum Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam ke-VIII 2013, yakni Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), sekaligus sebagai daerah yang merebut juara dua kali berturut-turut, yakni pada 2012 dan 2013.(yul/hmsprov).

//FOTO : Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim, HM Aswin menyerahkan piala bergilir kepada Sri Wahyuni dari Kontingen Kutai Kartanegara yang berhasil merebut juara umum Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam ke-VIII.(ist)


 

Berita Terkait
Government Public Relation