Daerah Persiapkan Tempat Karantina

Foto : Adi Suseno

SAMARINDA - Dalam upaya mengantisipasi lonjakan pasien kasus Coronavirus Disease (Covid-19) khususnya yang masuk dalam Pasien Dalam Pengawasan (PDP), masing-masing kabupaten dan kota telah mempersiapkan tempat isolasi atau karantina.

 

Penengasan itu disampaikan langsung Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi saat melakukan video conference (Vidcon) dengan Ketua dan anggota DPRD Kaltim di Ruang Heart Of Borneo Kantor Gubernur Kaltim, Senin (6/4/2020).

 

Hadi Mulyadi mengatakan kabupaten dan kota telah mempersiapkan tempat isolasi ataupun Karantina bagi pasien yang terpapar Covid-19. Seperti, Samarinda telah mempersiapkan 370 tempat tidur terdiri Gedung Bapelkes 80 tempat tidur, Gedung Bapeltan 90 tempat tidur dan Kantor BPSDM Kaltim berkaspasitas 200 tempat tidur. 

 

Kemudian, Balikpapan menyiapkan Sylva Lestari Guest House, Astra Hotel 30 tempat tidur dan Asrama Haji Batakan kurang lebih 450 tempat tidur. Bontang juga mempersiapkan Stadion Taman Prestasi dan Rusunawa Guntung dengan kapasitas 90 kamar. 

 

“Kutai Kartanegara sudah mendata dan mempersiapkan Wisma Atlet berkapasitas 125 tempat tidur, Hotel Grand Elty Singgasana 108 tempat tidur, Hotel Lesong Batu 33 tempat tidur dan Hotel Grand Yuda 125 tempat tidur ,” sebut Hadi. 

 

Sedangkan Penajam Paser Utara mempersiapkan Wisma PKK, Berau akan menggunakan Eks Hotel Santika. Kutai Barat akan memanfaatkan Rumas Sakit D Pratama, Kutai Timur menyiapkan Gedung Diklat berkapasitas 80 tempat tidur serta Mahakam Ulu mempersiapkan Mess Karyawan sekitar enam rumah, sementara Paser belum menyampaikan laporan. 

 

“Alhamdulillah kabupaten dan kota sudah mempersiapkan tempat karantina. Namun kita tidak berharap tempat-tempat tersebut terpakai. Dalam pengertian musibah kasus Covid-19 di Kaltim sudah bisa kita atasi. Diharapkan masyarakat bisa mematuhi imbauan pemerintah, meningkatkan physical distansing, menjaga pola hidup sehat dan selalu mencuci tangan sebagai upaya memutus rantai penularan Covid-19 di Benua Etam,” pesan Hadi.

 

Rapat penanganan Covid-19 melalui vidcon di pimpin Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK didampingi wakil dan serta anggota DPRD Kaltim. Diikuti Gubernur Kaltim H Isran Noor, Plt Sekdaprov Kaltim Muhammad Sa’bani, para asisten, kepala dinas dan biro dilingkungan Pemprov Kaltim serta direktur RSUD provinsi serta kabupaten dan kota.(mar/her/yans/humasprov Kaltim)

Berita Terkait