Dalam Kinerja Pengelolaan Asrama Haji Tahun 1434 H / 2013 M

Balikpapan Embarkasi Terbaik

JAKARTA - Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1434 H / 2013 M yang lalu berbuah manis untuk Provinsi Kalimantan Timur. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Anggito Abimanyu pada saat laporan panitia mengumumkan Asrama Haji Balikpapan sebagai Embarkasi Terbaik dalam Kinerja Pengelolaan Embarkasi Tahun 1434 H / 2013 M

Hal tersebut disampaikan pada acara Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji 2013 M / 1434 H Bersama Menteri Agama di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama Jl MH.Thamrin No.6 Jakarta, , Jakarta, Rabu (29/1).

Menurut Anggito, penilaian embarkasi terbaik dilakukan dengan kriteria kelengkapan Administratif, Pengelolaan SDM, dan Pelayanan. Kriteria administrasi meliputi tata persuratan dan pengarsipan, pencatatan aset, laporan keuangan, dokumentasi penggunaan asrama dan laporan kinerja tahunan.

Keriteria pengelolaan SDM meliputi sistem perekrtutan, rasio jumlah SDM dengan kebutuhan organisasi, pelatihan dan pengembangan SDM, reward dan punishment, penilaian prestasi kerja karyawan. Sementara itu untuk kriteria pelayanan yang dinilai meliputi SOP pelayanan, front liner, pelayanan prima, kerjasama antar lembaga, inovasi dan kreatifitas, serta pengelolaan parkir.

Penghargaan ini diberikan kepada tiga Asrama Haji Embarkasi di seluruh Indonesia dengan pembagian wilayah, untuk Wilayah A diperoleh Asrama Haji Surabaya. Pada wilayah ini meliputi Embarkasi Jawa Barat, Pondok Gede Jakarta dan Medan. Untuk Wilayah B penghargaan diterima Asrama Haji Balikpapan yang pada wilayah ini menyisihkan Embarkasi Palembang, Aceh dan Padang. Sedangkan wilayah C diterima Asrama Haji Banjarmasin yang mengungguli Embarkasi Makassar, Solo dan Mataram.

Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat memicu peningkatan kinerja embarkasi di masa yang akan datang, seiring dengan program Kemenag untuk memberdayakan dan merevitalisasi asrama haji di seluruh Indonesia.

Dalam sambutan Menteri Agama mengucapkan Selamat kepada ketiga Embarkasi yaitu Embarkasi Surabaya, Balikpapan, dan Banjarmasin yang terpilih menjadi embarkasi terbaik Tahun 1434 H / 2013 M. mudah-mudahan hal ini dapat menambah semangat untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan pengelolaan asrama haji dan kepada jamaah haji Indonesia.

Usai kegiatan Kakanwil Kemenag Kaltim Dr HM.Kusasi mengatakan, sangat bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Asrama Haji Balikpapan. ”Saya tidak mengira ini kami terima, yang jelas selama ini kami di Kalimantan Timur dalam pengelolaan Asrama Haji selalu berupaya semaksimal mungkin dalam berbagai hal untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah haji di Embarkasi Haji Balikpapan,” katanya.

Kabid PHU Kanwil Kemenag Kaltim H Suriansyah yang juga memimpin pembacaan doa pada kegiatan ini mengatakan, pihaknya bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan ini. ”Insya Allah akan diadakan syukuran atas prestasi yang diraih ini,” katanya.(*/hmsprov)

//Foto: HM Kusasi meneirma penghargaan dari Kementerian Agama (ist).

Berita Terkait
Government Public Relation