Dampak Covid-19 Dispar Kaltim Tunda Even Beskala Nasional

Foto : Dok. Humas

SAMARINDA - Pandemi  Coronavirus Disease 2019 (Covid 19) di Kaltim juga berimbas pada sektor pariwisata. Beberapa even berskala nasional maupin daerah yang sudah diagendakan terpaksa ditunda.

“Tiga even nasional di Kaltim yaitu Balikpapan Festival 2020, , Tenggarong Internasional Folk Arts Festival (TIFAF) 2020  dan Festival Mahakam,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Sri Wahyuni melalui handphond, Ahad (26/4).

Dijelaskan, Balikpapan Festival 2020 sempat digelar Februari lalu.TIFAF dipastikan ditangguhkan dan akan  dilaksanakan tahun depan, sedangkan Festival Mahakam masih dijadwalkan pada Bulan November 2020. 

"Sementara even-even yang lain di daerah,  kita masih wait and see, tapi dalam kondisi  pandemi Covid-19 sekarang ini, sudah banyak para seniman melakukan kegiatannya secara  vertual. Meski melalui vertual, aktualisasi seninya bisa tetap berjalan," katanya.

Dikatakan, hingga saat ini, Dinas Pariwisata selalu aktif berkoordinasi dengan kabupaten dan kota terkait pengelolaan kawasan ataupun objek pariwisata di masing-masing daerah.

"Koordinasi dan komunikasi secara intensif terus dilakukan Dispar Kaltim dengan kabupaten dan kota. Sebab, penyebaran Covid-19 tidak bisa dipungkiri sangat berimbas pada sektor pariwisata di daerah," ungkapnya.(mar/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait