Danrem Optimis Pilkada Serentak di Kaltim Aman

Danrem Optimis Pilkada Serentak di Kaltim Aman

 

SAMARINDA - Komandan Korem (Danrem) 091/ASN Brigjen TNI Teguh Arief Indratmoko optimis penyelenggaraan pilkada serentak 2015 di Kaltim berlangsung aman. Demi menyukseskan pesta demokrasi tersebut Korem 091/ASN telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk mendukung pemerintah daerah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).

“Kami tegaskan kepada masyarakat, yakinlah penyelenggaraan pilkada serentak tahun ini berlangsung aman dan sukses. Insyaallah kondusifitas keamanan daerah berjalan baik,” kata Teguh Arief Indratmoko, baru-baru ini.

Korem 091/ASN telah berupaya semaksimal mungkin untuk membantu menyukseskan penyelenggaraan pilkada serentak. Mulai dari Kodim dan Polres masing-masing telah dibentuk tim pendamai, termasuk di tingkat provinsi.

Pihak TNI juga telah berkomunikasi dengan masing-masing pasangan calon, dengan tujuan agar menginstruksikan tim pemenangannya untuk menjaga kondusifitas daerah. Bahkan masing-masing pasangan calon telah membuat kesepakatan siap menang dan siap kalah.

“Untuk titik rawan semua daerah ada. Yang terpenting adalah bagaimana setiap pasangan calon dapat menetralisir kemungkinan apabila masing-masing ada yang kalah. Kondisi ini, sudah kami antisipasi semua. Bahkan, kami minta pasangan calon untuk legowo atau menerima hasil keputusan pilkada nanti,” tegas Danrem. 

Jika ada pihak pasangan calon yang melanggar ketentuan yang telah ditetapkan, TNI dan Polri tidak segan-segan untuk bertindak atau menangkap, jika melakukan provokasi sehingga mengganggu keamanan pesta demokrasi ini.

“Kami akan bertindak tegas, jika ada yang berani melanggar aturan dalam pilkada serentak. Menyukseskan pengamanan ini, masing-masing Kodim diturunkan satu satuan setingkat kompi (SSK) dengan tujuan membantu pihak kepolisian,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)  

Berita Terkait