DAS Mahakam Dipasang EWS

Untuk Peringatan Dini Banjir
 
SAMARINDA – Pemprov Kaltim pada 2013 ini menangarkan  sekitar Rp 1,2 Milliar untuk pengadaan  lima alat Early Warning System (EWS) buatan anak bangsa  yang akan dipasang disepanjang  Daerah Aliran Sungai (DAS)  Mahakam yang melewati lima kabupaten kota.
“Alat ini  akan berfungsi  sebagai peringatan dini jika  terjadi  banjir atau permukaan air naik secara tiba-tiba dan pemasangan alat tersebut  akan bekerjasama  dengan Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) untuk meletakkan titik-titik pendeteksian,” kata  Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim Wahyu Widi Heranata,di Samarinda  Selasa lalu.
Alat ini lanjut dia, jika terjadi banjir   akan langsung  terkoneksi dengan Pusat pengendali operasi (Pusdalops) BPBD  Kaltim, gubernur, wagub, sekda dan pejabat terkait lainnya  maupun BPPT, sehingga jika terjadi  bencana banjir bisa terdeteksi lebih dini dan cepat diketahui sehingga lebih mudah mengambil tindakan..
 “Pusdalops BPBD Kaltim saat ini juga sudah bekerja 2 x 24  jam, jika terjadi bencana hubunggi Call Centre atau SMS Centre 08115844722,” jelasnya.
Dijelaskan, pengoperasian  EWS  mudah dimengerti, dipahami dan manfaatnya  bisa lebih optimal jika masyarakat juga memiliki pengetahuan tentang kebencanaan dengan baik. Dengan penerapan yang baik  dan benar akan dapat melindungi dan menyelamatkan warga dari ancaman bencana yang berasal dari melimpahnya air dari sungai Mahakam.
Jika sudah mengerti, masyarakat diharapkan dapat melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan jiwa dan harta bendanya. EWS adalah kunci menuju pengurangan risiko yang efektif dan akan  menjadi efektif jika melibatkan secara aktif masyarakat.
”Kami juga   akan membantu mengasah ketrampilan search and rescue  para relawan dengan program-program latihan bersama  BPBD  Kaltim  dengan bimbingan para ahli,” jelasnya. (sar/hmsprov)

//Foto: Banjir di Samarinda. (dok/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait
Government Public Relation