Data Kependudukan Jadi Faktor Kunci Keberhasilan

SAMARINDA - Ketersediaan data kependudukan diberbagai tingkatan administrasi pemerintahan menjadi faktor kunci keberhasilan program pembangunan maupun penyelenggaraan pemerintahan

Menurut Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Hj Halda Arsyad, upaya merealisasikan pembangunan yang berwawasan kependudukan diperlukan dukungan data dan informasi kependudukan yang lengkap dan akurat.

"Ketersediaan data Adminduk memudahkan para perencana dan pengambil keputusan  dalam merumuskan kebijakan serta menyusun program pembangunan yang berwawasan kependudukan," kata Halda didampingi Kabid Fasilitasi Pelayanan Adminduk Iwan Setiawan.

Saat ini lanjutnya, DKP3A terus berupaya meningkatkan kapasitas pengelola data Adminduk. Khususnya melalui Bimtek pengolahan data dan peyusunan profil perkembangan kependudukan provinsi dan kabupaten/kota se-Kaltim.

Halda berharap Bimtek dapat menyamakan persepsi dan pemahaman tentang tatacara penyusunan profil perkembangan kependudukan.

Diakuinya bahwa belum semua kabupaten dan kota dapat menyusun buku profil perkembangan kependudukan dengan baik sesuai ketentuan Permendagri Nomor 65 Thaun 2010.

Melalui Bimtek lanjutnya, aparatur dapat mengolah dan menyajikan data kependudukan yang bersumber dari database kependudukan yang sudah melalui proses konsolidasi dan diintegrasikan. Khususnya dengan hasil perekaman KTP-el serta dapat dimanfaatkan pembuat kebijakan lintas sektor dan masyarakat.

“Profil perkembangan kependudukan harus dapat memberikan informasi yang lebih komprehensif bagi para perencana dan pengambil keputusan maupun pihak yang membutuhkan dalam menyusun pembangunan diwilayahnya,” ungkapnya. (yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait