Data Terpilah Dukung Percepatan PUG

Data Terpilah Dukung Percepatan PUG

 

SAMARINDA – Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kaltim Hj Ardiningsih mengemukakan ketersediaan data terpilah akan berimbas pada percepatan keberhasilan dan pencapaian pengarusutamaan gender (PUG) di Kaltim.  

“Beberapa prasyarat percepatan dan keberhasilan PUG itu diantaranya ketersediaan data terpilah. Namun hingga saat ini kita masih sulit untuk memperoleh informasi itu,” kata Hj Ardiningsih pada Penguatan Pokja PUG di Ruang Poldas Bappeda Kaltim, Selasa (28/10).

Padahal lanjutnya, Kaltim sudah memiliki kelompok kerja (Pokja) PUG yang sesuai dengan keputusan Gubernur Kaltim Tahun 2010 yang anggotanya terdiri dari seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemprov Kaltim.

Menurut dia, secara umum data sangat diperlukan semua pihak terlebih pemerintah karena terkait penganggaran guna mendukung pelaksanaan program dan kegiatan khususnya dalam  mewujudkan kesetaraan dan keadilan berbasis gender.

Sementara saat ini data yang tersedia hanya data secara global dan tidak terpilah. Misalnya, data mengenai berapa jumlah penduduk, pengangguran, angkatan kerja maupun jenjang pendidikan bagi perempuan berbanding laki-laki.

Sedangkan, apabila hanya melihat data secara global tanpa melihat siapa yang berkepentingan maka pembangunan untuk unsur keadilan tidak tersentuh. “Padahal sesuai visi kita untuk menyejahterakan rakyat berazaskan keadilan,” ujarnya.

Karenanya, dalam upaya mewujudkan keadilan bagi seluruh masyarakat Kaltim maka ketersediaan data terpilah sangat diperlukan dan setiap SKPD melalui Pokja yang sudah terbentuk harus mampu menyajikan data terpilah di masing-masing instansi.

Sementara itu Ketua Panitia Mahrita mengatakan kegiatan penguatan Pokja PUG bertujuan guna mendorong partisipasi anggota kelompok kerja PUG Kaltim dalam mengimplementasikan perencanaan dan penganggaran responsif gender.

Kegiatan diikuti 50 peserta dari SKPD lingkup Pemprov Kaltim dengan narasumber dari Pusat Penelitian Gender Universitas Mulawarman, Ketua Pokja PUG Kaltim dan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB  Kaltim. (yans/sul/hmsprov)

Foto : Hj Ardiningsih memberikan paparan materi pada Penguatan Pokja PUG di Kaltim. (masdiansyah/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation