Dekopin Wajib Dukung Kaltim

Provinsi Penggerak Koperasi

BALIKPAPAN – Koperasi di Kalimantan Timur sudah berkembang cukup pesat sehingga lembaga ini sangat bisa diandalkan namun tetap perlu dukungan masyarakat.

Kondisi ini terbukti hingga pertengahan tahun 2015 terdapat 5.283 koperasi dengan modal usaha sebesar Rp2, 298 triliun beranggota sebanyak 5.943 orang.

Kemajuan koperasi di Kaltim itu diungkapkan  Asisten Administrasi dan Umum Setdaprov Kaltim Meiliana saat mewakili Gubernur Kaltim pada Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-V Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kaltim di Balikpapan.

“Kaltim pada tahun 2013 telah mendapat penghargaan sebagai Provinsi Penggerak Koperasi (PPK). Dekopin Kaltim wajib mendukung program pengembangan koperasi di daerah,” ujar Meiliana, Rabu (16/9).

Menurut dia, prestasi yang diraih merupakan tantangan pemerintah daerah utamanya Pemprov Kaltim juga Dekopin untuk selalu bergandeng tangan memajukan koperasi sebagai sokuguru prekonomian di Benua Etam.

Pemerintah daerah bersama Dekopin Kaltim maupun gerakan koperasi yang ada agar senantiasa berusaha memperkokoh dan merapatkan barisan untuk kemajuan dan kejayaan perkoperasian di kabupaten dan kota.

Selain itu, dalam rangka menghadapi perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC) yang mulai berlaku awal Januari 2016 diharapkan Dekopin mampu menggerakkan perkoperasian di daerah.

Utamanya meningkatkan kapasitas dan kualitas gerakan operasi khususnya peningkatan kompetensi dan kemampuan pengelola koperasi agar lembaga ekonomi masyarakat ini berdaya saing dan mampu bersaing di era MEA 2015.

“Pemprov Kaltim memberi apresiasi tinggi pada setiap usaha dan partisipasi organisasi perkoperasian. Seperti halnya Dekopin yang secara sinergis ikut membangun perekonomian di provinsi ini agar terus terus membaik dari waktu ke waktu,” ungkapnya.

Diharapkan terpilih dan terbentuknya kepengurusan Dekopin masa bhakti 2015-2020 melalui Muswil ke-V mampu merumuskan dan membuat perenacaan program kerja yang nyata untuk peningkatan kinerja lombaga perekonomian masyarakat Kaltim.

Muswil ke-V Dekopin Kaltim masa bhakti  2015-2020 mengangkat tema Pemantapan Gerakan Koperasi Menuju Kaltim Bangkit 2018. Tampak hadir Ketua Dekopin Pusat Nurdin Halid serta jajaran pengurus Dekopin pusat, provinsi serta kabupaten dan kota.(yans/adv)

Berita Terkait
Government Public Relation