Dekranas Dukung Pelestarian Warisan Budaya

 E Amelia Suharni Faroek: Pendampingan Sangat Penting

 

SAMARINDA – Ketua Dekranasda Kaltim Hj Ence Amelia Suharni Faroek mengemukakan potensi kerajinan Kaltim tersebar di sepuluh kabupaten dan kota dengan beragam jenis dan coraknya masing-masing. Antara lain berupa anyaman dan kerajinan kayu, sulam tumpar, anyaman rotan dan manon, anyaman akar jangat, anyaman manik, tenun ulap doyo, keramik, kerajinan kerang, mandau dan lain-lain.

Produk  unggulan di Samarinda berupa sarung tenun, ukir kayu, kerajinan manik, ampik Kaltim dan batu mulia. “Kerajinan sarung Samarinda dan kerajinan ulap doyo merupakan kerajinan unggulan Kaltim,” ujar  Hj Ence Amelia Suharni Faroek pada silaturahmi Dekranas Pusat dengan Dekranasda Kaltim dan Dekranasda Kota Samarinda, Kamis (18/9).

Dijelaskannya, pendampingan dan bimbingan langsung dari Dekranas sangat penting dan mendukung pengembangan dan pelestarian warisan budaya bangsa. “Disamping meningkatkan daya saing dan peluang pasar, dukungan ini juga berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja dan pengentasan kemiskinan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dekranas Herawati Boediono pada kesempatan yang sama mengajak jajaran Dekranas Pusat hingga daerah untuk  menyambut semangat warga masyarakat dengan meningkatkan kinerja yang lebih baik serta melakukan berbagai kreativitas dan inovasi yang semakin baik.   

“Tadi penduduknya sangat semangat ya. Jadi kita (jajaran Dekranas-red) wajib menyambut semangat itu tadi dengan kinerja yang lebih baik dan berkelanjutan,” harap Herawati Boediono seusai kunjungan di Kampung Tenun Samarinda Seberang.

Diakuinya, program Dekranas yang dikerjasamakan dan didukung Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Lingkungan Hidup ini mampu meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga mampu menciptakan lapangan kerja dan mengentaskan kemiskinan.

Menurut Herawati, program Dekranas Berserri ini diharapkan mampu memacu pengrajin tradisional melakukan kegiatan yang bersih, sehat, ramah lingkungan, rapi dan indah, sehingga selain berkualitas juga memiliki daya saing yang tinggi.

Dalam silaturahmi Dekranas Pusat dengan Dekranasda Kaltim dan Dekranasda Kota Samarinda ikut hadir Pemimpin Bank Indonesia Perwakilan Kaltim Ameriza M Moesa serta jajaran lembaga perbankan di daerah dan pimpnan SKPD lingkup Pemprov Kaltim serta pengurus Dekranasda kabupaten dan kota se-Kaltim dan Kaltara. (yans/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation