Dekranasda Gelar Pameran di Rakernas Forsesdasi

Meiliana

SAMARINDA - Penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) 2019 yang akan dihadiri ribuan undangan dari luar Kaltim akan menjadi peluang untuk mempromosikan produk unggulan yang dihasilkan para pelaku usaha mikro, kecil menengah (UMKM) yang tergabung dalam Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).    

Pelaksana Tugas Sekretaris Provinsi (Plt Sekprov) Kaltim  Dr Hj Meiliana mengatakan penyelenggaranan Rakernas Forsesdasi 2019 yang akan dipusatkan di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC/Dome) mulai 20-22  Februari 2019, tentu menjadi tantangan dan peluang bagi Dekranasda untuk mempromosikan berbagai produk unggulan daerah.

"Maka dari itu, di arena Rakernas Forsesdasi mendatang, Dekranasda akan melaksanakan pameran produk-produk unggulan Kaltim,” kata Meiliana.

Pameran diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi para pengrajin maupun pelaku usaha untuk memperkenalkan produknya kepada seluruh sekretaris daerah (sekda) provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia serta undangan lainnya," papar Meiliana di Balikpapan, Jumat (15/2/2-2019).  

Meiliana berharap Dekranasda dapat merangkul para pelaku UMKM untuk mengenalkan produk-produk unggulan Kaltim. "Mari tunjukkan hasil kreasi terbaik. Mudah-mudahan kerajinan Kaltim bisa lebih dikenal," ujarnya.

Pameran produk unggulan akan digelar selama dua hari. Meiliana berharap agar semua pelaku UMKM dapat memperkenalkan sejarah dan informasi dari setiap kerajinan termasuk menjelaskan cara membuatnya, seperti kerajinan ulap doyo, sarung Samarinda, serta produk unggulan daerah lainnya.

"Output dari pameran tersebut harus ada tindakan berkelanjutan sehingga dapat diimplementasikan kepada masyarakat dan menularkan peluang usaha tentunya untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," tandas Meiliana. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation