Dekranasda Kaltim Award

foto: samsul/dok.humaskaltim

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim memberikan penghargaan kepada perajin industri UMKM di Kaltim. Dekranasda Kaltim Award  merupakan yang pertama kali diberikan tahun ini.

 

"Perajin industri UMKM yang terus berinovasi akan mampu berkompetisi di era persaingan global. Kami bangga dan mengapresiasi pelaku UMKM yang terus menampilkan inovasi dan kreativitas untuk mengangkat bahan dan kearifan lokal," kata Ketua Dekranasda Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor saat penyerahan penghargaan Dekranasda Kaltim Award di Ballroom Big Mall Samarinda, Sabtu (24/10/2020).

 

Ada 110 produk kerajinan yang dikirim dari kabupaten dan kota dengan kategori produk berbahan kain dan tenun.

 

Selain terus membuat kriya kreatif menarik dan bisa diterima pasar lokal, domestik dan internasional, Norbaiti Isran juga mengingatkan agar para pelaku usaha lebih tanggap dan piawai memanfaatkan teknologi informasi digital untuk mempromosikan hasil kerajinan mereka. 

 

"Era digital saat ini juga menuntut kita untuk mampu beradaptasi, agar produk dari seluruh  pelosok Kaltim bisa menembus pasar nasional bahkan dunia. Inilah tantangan kita. Saya yakin, perajin kita mampu," tegas Norbaiti.

 

Dekranasda Kaltim Award 2020 malam tadi menjadi milik Rosida,  dari Dekranasda Samarinda dengan produk "Anyaman Rotan Manik Ulap Doyo, sebagai juara 1.

 

Juara 2 ditempati Papadaan Kreatif dengan produk Sarung Samarinda Ulap Doyo, juga dari Dekranasda Samarinda.

 

Sementara juara 3 diraih Endang Rubiana dengan produk Kain Motif Zat Warna Alam Totebag dari Dekranasda Bontang. Selain itu juga diberikan penghargaan untuk juara harapan 1 hingga 3. 

 

Masing-masing diterima oleh  Dekranasda Berau (Tenun Ikat Berau), Kutai Timur (Batik Tulis) dan Kutai Barat (Tas Belanja Motif Tumpar).

 

Hadir dalam penyerahan Dekranasda Kaltim Award 2020 itu, Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltim HM Yadi Robyan Noor yang juga Ketua Harian Dekranasda Kaltim. (sul)

Berita Terkait