Dekranasda Kaltim Kunjungi Kampung Tenun Sukan Berau

Dekranasda Kaltim Kunjungi Kampung Tenun Sukan Berau (ist)

BERAU - Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi didampingi Ketua Dekranasda Berau Sri Jurniasih Muharram berserta anggota, mengunjungi salah satu rumah pengrajin tenun di Desa Sukan Kabupaten Berau, Selasa (19/11/2019).

Banyak hal yang menjadi pembahasan dalam kunjungan tersebut. Salah satunya diantaranya adalah potensi sumber daya pengembangan kain tenun khas Berau juga pemasarannya.

"Motif harus lebih banyak dikembangkan, kualitas sudah sangat bagus serta halus. Diharapkan pengrajin bisa mengikuti pelatihan agar dapat mengasah keterampilan," kata Erni Makmur.

Selain itu, istri orang nomor dua Benua Etam ini meminta instansi terkait mendukung pemasaran produk pengrajin.

"Bisa saja mengikuti even pameran daerah maupun nasional. Juga bangun jaringan dengan instansi terkait dari provinsi lain. Kerjasama dengan parwisata, terlebih kalau ada wisatawan mancanegara," harap Erni Hadi.

Sementara Ketua Dekranasda Kabupaten Berau Sri Jumiarsih Muharram menjelaskan kain tenun yang diproduksi pengrajin Kampung Sukan memiliki kualitas yang bagus.

"Kami berusaha meningkatkan kualitas dan produk kain tenun agar pemasaran produk dikenal masyarakat luas," ujar Sri.

Diakuinya, Pemerintah Berau mengakomodir warga di kampung yang memiliki keahlian menenun dengan mengupayakan sejumlah alat tenun bukan mesin (ATBM) agar produksi lebih banyak dan cepat

Diharapkan dukungan pemerintah ini mampu memacu pertumbuhan ekonomi warga kampung dan sekitarnya.

Hari berikunya, Rabu (20/11/2019), dalam kunjungan kerjanya ke Berau, Hj Erni Makmur Hadi menghadiri sekaligus membuka Sarasehan Sinergi Pembinaan dan Pengembangan Industri Kerajinan dan Industri Kreatif yang diikuti 60 peserta.(yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait