Delegasi Kaltim Dijamu Dubes RI Untuk Kolombia, Bahas Peningkatan Kerjasama Pendidikan dan Pariwisata

ist

BOGOTA DC - Tidak hanya dapat sambutan hangat dari tuan rumah penyelenggara pertemuan tahunan GCF (Governors Task Force on Climate and Forest) di Kota Florencia, Provinsi Caqueta, Colombia. Seusai menghadiri pertemuan GCF delegasi Kaltim yang dipimpin Gubernur Isran Noor juga diundang oleh Duta Besar Indonesia untuk Colombia, Priyo Iswanto, untuk bersilaturahmi di Kedutaan Besar RI di Bogota DC, Minggu (4/5/2019) malam.

Dalam pertemuan itu, Gubernur Isran Noor menyatakan minatnya untuk meningkatkan kerjasama dengan Kolombia terutama bidang pendidikan, pariwisata dan sister province. Hal ini didasari hubungan diplomatik Indonesia - Kolombia yang telah berlangsung selama 40 tahun.

Dijelaskan, dalam bidang pendidikan, Kolombia memiliki beberapa keunggulan terutama dalam ilmu-ilmu eksak dan teknik, pertanian/perternakan dan Bahasa Spanyol yang bisa menjadi bahasa internasional kedua setelah bahasa Inggris.

"Beberapa provinsi di Kolombia memiliki karakteristik dan potensi sumber daya alam yang hampir sama dengan Kaltim. Basis ekonomi bersumber dari pertambangan. Mereka juga melakukan pengelolaan lingkungan dan pembangunan hijau serta kemampuannya melakukan diversifikasi pangan kepada rakyatnya," jelas Isran.

Selain itu, peningkatan pariwisata Kaltim merupakan sektor penting setelah tambang. Melalui Dubes Indonesia untuk Kolombia maka promosi Kaltim sebagai destinasi wisata sangat layak untuk dikunjungi akan menjadi program prioritas. Apalagi jumlah wisatawan Kolombia yang bepergian ke Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Pada 2020, Dubes Indonesia untuk Kolombia mengundang Kaltim mengirimkan duta budaya dan mempromosikan potensi pariwisata pada festival budaya Indonesia - Kolombia. Festival dalam rangka memperingati tahun hubungan bilateral Indonesia - Kolombia," ujar Isran.

Pada kesempatan itu, Gubernur Isran Noor bersama istri Hj Norbaiti Isran Noor didampingi Plt Sekprov Hj Meiliana, Asisten Administrasi Umum Bere Ali, Kepala Dinas Kehutanan Amrullah, Tenaga Ahli Gubernur bidang Kesehatan dan BPJS Tri Murti Rahayu. (her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation