Dengan Samolnas, Semua Jadi Lebih Mudah


“Kaltim adalah satu dari 23 provinsi yang telah melaksanakan program Samsat Online Nasional (Samolnas). Selanjutnya, Samsat Online akan segera kita hadirkan ke seluruh wilayah Kaltim, tidak terkecuali kawasan perbatasan." (H. Isran Noor) 

 

www.kaltimprov.go.id-   Memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang pesat,  sejumlah inovasi kebijakan dihadirkan. Salah satunya Samsat Online. Tujuannya tidak lain untuk memberikan pelayanan prima dan maksimal. Dimanapun, Samsat Online akan memudahkan masyarakat membayar pajak.  

Provinsi Kalimantan Timur selangkah lebih maju. Kalimantan Timur termasuk dari 23 provinsi yang melaksanakan program Samsat Online Nasional. Dan satu-satunya Provinsi di luar Jawa yang pertama kali meluncurkan e-Samsat, tahun lalu.  

Baca juga : Samsat Online Efisiensi Waktu Pembayar Pajak

"Sistem ini memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor dan tentu efisien dalam hal waktu serta finansialnya. Saya sangat mengapresiasi kerja-kerja inovatif ini," kata Isran Noor, Gubernur Kalimantan Timur, yang turut menandatangani Nota Kesepahaman Samsat Online Nasional (Samolnas) bersama Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Indonesia (Korlantas Polri) Irjen Pol Refdi Andri. Penandatanganan disaksikan Kapolri Jenderal Pol HM Tito Karnavian di Discovery Kartika Plaza Hotel Kuta, Denpasar Bali, Kamis (15/11).  

 

Dengan sistem ini, masyarakat bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui ATM di sekitar mereka. Bahkan, masyarakat bisa melakukan pembayaran menggunakan SMS Banking melalui smartphone dan gadget. Sistem ini pun sudah terkoneksi secara nasional. Di Kalimantan Timur sendiri, bisa dilayani di Kantor Cabang BPD Kaltimtara yang tersebar hingga kecamatan maupun desa. 

revisi-001
 

Baca juga : Pemprov Siap Bentuk Samsat Mahakam Ulu

Momentum ini  menjadi perhatian serius Gubernur Kaltim Isran Noor terhadap wilayah perbatasan, agar segera dibentuk Kantor Samsat,  terutama di Kabupaten Mahakam Ulu. Harapannya, masyarakat Mahakam Ulu juga bisa memanfaatkan sistem Samsat Online dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan. 

"Mahakam Ulu salah satu yang segera kita tangani dengan cepat dan harus diselesaikan permasalahannya," kata Isran Noor didampingi Kepala Bapenda Kaltim Hj Ismiati usai menghadiri Rakor Pembinaan Samsat Nasional 2018 di Denpasar, Bali. 

Baca Juga : Disaksikan Kapolri Gubernur Isran Teken MOU Samolnas

 

Pemprov Kaltim terus berupaya melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah kabupaten/kota, Polda Kaltim serta perbankan hingga pemerintah pusat. Termasuk terus berinovasi  agar penerimaan pajak kendaraan bermotor bisa terus  ditingkatkan. 

Dulu, mungkin masyarakat enggan membayar pajak kendaraan bermotornya karena ribet harus ke Kantor Samsat dan malas antri berjam-jam. Tapi sekarang, semua serba lebih mudah. Pengurusan pembayaran pajak kendaraan bermotor tidak lagi merepotkan, karena dapat dilakukan melalui transaksi elektronik Samsat Online dengan berbagai kemudahan fasilitas layanannya. Dengan demikian, tak ada lagi alasan bagi masyarakat wajib pajak untuk telat atau malas, apalagi sampai tidak membayar pajak kendaraan bermotor mereka. Warga negara yang baik, tentu taat pajak. (*)

 

Tonton Juga:

Penulis : Noor Jaya, Inni Indarpuri

Editor : Samsul Arifin

Fotografer : Syaiful

Info Grafis : Arif Murtadha

Editing Video : Arif Murtadha

Berita Terkait
Data Masih Kosong
Data Masih Kosong