Desember, Bentang Tengah Jembatan Kembar Tersambung

Jembatan Mahakam IV terus dikebut pengerjaannya. (umar/humasprov)

SAMARINDA - Kapala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PU-PUR) Kaltim Joko Setiono  mengatakan  penyelesaian pembangunan Jembatan Mahakam IV (Jembatan Kembar) kini terus dikebut. Bentang tengah jembatan tersebut  sudah tersambung Desember,  baik dari sisi Samarinda Kota maupun sisi Samarinda Seberang. 

Namun setelah dilakukan evaluasi,  Joko mengungkapkan pekerjaan jembatan sedikit terhambat karena cuaca hujan baik pagi ataupun siang pada saat sebelum dan sesudah  lebaran  lalu, sehingga menyesuaikan pengerjaan perakitan rangka baja lengkung mengingat rawan kecelakaan, karena posisi pengerjaan rangka lengkung tersebut berada pada ketinggian. 

Curah hujan yang tinggi tersebut,  lanjut Joko sangat berdampak pada target  pekerjaan selesai pada Oktober 2018 yang kemungkinan sulit dicapai. Pihak kontraktor  pelaksana mengusulkan perpanjangan waktu sampai bulan Desember 2018. 

Setelah memperhitungkan penyambungan bentang tersebut diperkirakan pekerjaan selesai Desember. Syaratnya kotraktror pelaksana bisa menambah satu ponton lagi dengan satu crane untuk mengerjakan pilon 13 di sisi Samarinda Seberang. 

"Janji kontraktor di akhir bulan Juli ini penambahan  ponton dan crane sudah sampai ke lokasi, sehingga mereka bisa bersinergi untuk mempercepat penyambungan bentang tengah, sehingga target Desember 2018 bisa terealisasi," ujar Joko pada rapat penyelesaian pembangunan ketenagalistrikan di Ruang Rapat Tepian 1 kantor Gubernur Kaltim, Senin (16/7) lalu. 

Sementara untuk jalan pendekat Jembatan Mahakam Kembar  baik  sisi Samarinda Seberang  maupun sisi Samarinda Kota   ditarget  Nopember 2018. Karena sekarang ini girder (sebuah balok diantara dua penyangga dapat berupa pier ataupun abutment pada suatu jembatan atau fly over) sudah ada di lokasi dan sedang stressing  penggabungan beberapa balok girder, dan ketika semuanya sudah selesai,  baru kemudian dilakukan erection pengangkatan secara launcher atau cara pekerjaan dua crane.

"kita harapkan realisasi  penyambungan bentang tengah  Jembatan  Kembar bisa  sesuai target di bulan Desember,  termasuk  penyelesaian jalan pendekat baik untuk  sisi Samarinda  Kota  maupun sisi Samarinda Seberang  juga rampung di bulan Nopember  mendatang " kata Joko. 

Seperti diketahui pembangunan Jembatan Kembar ada tiga kegiatan yaitu pembangunan untuk bentang tengah dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan, kemudian jalan pendekat  sisi Samarinda Kota dikerjakan PT Waskita Karya  dan KSU Surya Bhakti dan dan jalan pendekat sisi Samarinda Seberang dikerjakan  PT Jaya Kontruksi. (mar/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait
 Lirik Swasta
Lirik Swasta

11 Juni 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

Peresmian Graha Salimah Kaltim
Peresmian Graha Salimah Kaltim

10 Maret 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan

Awang: Pembangunan Kaltim Harus Merata
Awang: Pembangunan Kaltim Harus Merata

09 September 2017 Jam 08:05:05
Pembangunan

Government Public Relation