Desk Pilakada Kabupaten/Kota Sudah Siap

Yudha Pranoto

 

SAMARINDA - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim Yudha Pranoto menegaskan, Desk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim di seluruh kabupaten dan kota sudah siap melaksanakan tugas mengawal pelaksanaan suksesi Kaltim, 27 Juni mendatang. 

 

Menurutnya, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan seluruh Badan Kesbangpol kabupaten/kota se-Kaltim, 30 Januari lalu di Balikpapan, maka sudah tidak ada  masalah lagi karena semua Desk Pilkada kabupaten/kota siap melaksanakan tugasnya termasuk Sekretariat Desk Pilkada. "Berdasarkan inventarisasi yang kita lakukan, pada intinya semua Desk Pilkada kabupaten/kota sudah siap. Hanya masalah administrasi saja. Artinya SK pembentukan masih ada yang belum ditandatangani bupati, dengan alasan bupati tidak ada di tempat, walaupun demikian secara fisik, baik personil materil  kelembagaan rata-rata semuanya sudah siap," papar Yudha Pranoto, Kamis (1/2).  

 

Pembentukan Desk Pilkada provinsi dan Desk Pilkada kabupaten/kota  berpedoman pada Permendagri Nomor 9 Tahun 2005 tentang Pedoman Bagi Pemerintah Daerah dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Dikatakan,  Desk Pilkada provinsi dan kabupaten/kota mempunyai tugas melakukan pemantauan pelaksanaan Pilkada di daerah, menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan Pilkada dan memberikan saran dalam penyelesaian permasalahan Pilkada. "Serta melaporkan informasi mengenai permasalahan dan perkembangan persiapan dan pelaksanaan Pilkada secara berjenjang dan melaporkan rutin setiap hari.  Laporan disampaikan kepada Mendagri, Gubernur, serta laporan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati disampaikan kepada Mendagri melalui Gubernur," paparnya.

 

Yudha Pranoto juga meminta kepada seluruh Desk Pilkada kabupaten/kota untuk segera melakukan aksi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, karena sekarang ini tahapan Pilgub Kaltim terus berjalan dan sudah mendekati penetapan calon gubenur dan wakil geburnur Kaltim yang akan  dilakasanakan  KPU  12 Februari mendatang. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait