Dewan Masjid Gelar Muswil

BALIKPAPAN - Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Kaltim malam ini (Jumat 26/4) mulai melaksanakan Musyawarah Wilayah (Muswil) VI tahun 2013 yang dilangsungkan di Kota Balikpapan. Peserta Muswil dari seluruh Kaltim, termasuk kabulpaten/kota Kaltara yaitu DMI DPD Bulungan, Malinau, Tana Tidung, Nunukan dan Kota Tarakan.
Wakil Sekretaris DMI Kaltim H Marwoto Rasyim, mengatakan peserta Muswil terdiri dari Pimpinan Pusat, Pimpinan Wilayah, Pimpinan Daerah, Pengurus Ta’mir Masjid Raya Darussalam Samarinda, para Pengurus Ta’mir Masjid Agung Kabupaten/Kota se-Kaltim, dan Pimpinan otonom DMI,  yaitu Badan Koordinasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dan Badan Majelis Ta’lim dan Muallaf Kaltim.
Bagi DMI Kabupaten/Kota Kaltara, Muswil kali ini merupakan momentum yang sangat penting untuk dapat dijadikan sebagai pelajaran dan pengalaman untuk menjalankan peran dan fungsi DMI di daerah masing- masing karena akan berpisah dengan Provinsi Kaltim.
“Pada Muswil DMI ini, juga diundang para ta’mir  atau pengurus masjid se-Kota Balikpapan yang jumlahnya sekitar 600 orang,” tambah Marwoto.
Muswil ujarnya menetapkan agenda utama laporan pertanggung jawaban PW DMI Provinsi Kaltim masa bakti 2008-2013 dan pemilihan Ketua PW DMI Provinsi Kaltim periode 20013-2018.
Sementara itu Ketua PW DMI Kaltim Drs H Bahrani Selamat mengatakan, Muswil DMI kali ini mengangkat tema; “Revitalisasi dan Reaktualisasi Fungsi Masjid Sesuai Sunnah Rasul, dan Memakmurkan Masjid”.
Dengan hasil-hasil Muswil ini, peran dan fungsi DMI diharapkan akan lebih meningkat dalam memakmurkan masjid, menegakkan tauhid, mengagungkan syiar Islam dan turut mewarnai setiap gerak dan langkah pembangunan.
Menurut dia, tema tersbut sangat penting, khususnya dalam rangka memantapkan keberadaan DMI yang dalam kiprahnya berupaya untuk mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat, persatuan umat, peningkatan keimanan dan ketakwaan, akhlak mulia serta kecerdasan umat.
“Pada Muswil ini kita mengundang Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dan Ketua  Umum DMI Pusat H Yusuf Kalla,” katanya seraya berharap agar seluruh peserta dan undangan dapat hadir pada kegiatan Muswil yang pembukaannya di Kantor Walikota, sedangkan pemaparan dan sidang-sidang di Hotel Pacific Balikpapan. (ri/hmsprov).


 

Berita Terkait
Government Public Relation