Dialog Strategi Merangkul Pemilih Milenial, Wagub : Pastikan Sudah Terdaftar

SAMARINDA - Upaya pemerintah untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih dalam menyukseskan pesta demokrasi agar lebih berkualitas adalah mengoptimalkan partisipasi pemilih kalangan muda atau generasi milenial.

Namun demikian, perlu dipastikan agar kaum milenial itu memiliki kartu tanda penduduk (KTP) elektronik dan terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebagai pemilih yang diterbitkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Imbauan itu ditegaskan Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi saat menghadiri Dialog Publik Program Siar RRI Samarinda di Studio Si Karut RRI Samarinda, Rabu (31/10).

Menurut dia, pemerintah dan penyelenggara pesta demokrasi, KPU sangat prihatin dengan rendahnya angka partisipasi pemilih pada berbagai pelaksanaan pemilihan umum baik pemilihan  kepala daerah serentak maupun pemilihan anggota legislatif (pileg) dan pemilihan presiden/wakil presiden (pilpres).

"Sebentar lagi kita melaksanakan Pilpres dan Pileg 2019. Optimalkan partispasi masyarakat terutama kaum millenial. Namun pastikan mereka yang berusia minimal 17 tahun sudah miliki KTP el dan terdaftar," katanya.

Bagi Hadi, potensi suara pemilih dari kalangan milenial sangat besar dan sangat penting dalam mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi agar tercipta pemilu berkualitas dan menghasilkan pemimpin dan wakil rakyat yang amanah.

Karenanya, Wagub Hadi meminta instansi/dinas terkait lebih aktif menginformasikan perekaman data untuk pembuatan KTP el agar terdaftar sebagai pemilih pada pemilu 2019. "Kami dukung sepenuhnya penyelengaraan Pemilu 2019 agar terlaksana dengan sukses, aman dan damai. Kabupaten dan kota melalui instansi terkait perlu melakukan upaya percepatan perekaman data guna penerbitan KTP el bagi warga khususnya generasi milenial," harapnya.

Acara dialog bertema Strategi Merangkul Pemilih Milenial juga menghadirkan narasumber  Dewan Pengawas LPP RI Tantri Relatami dan Ketua KPU Kaltim Muhammad Taufik. Hadir Kepala Dinas Kominfo Kaltim Diddy Rusdiansyah dan Kepala RRI Samarinda Khalidi Raya serta puluhan pelajar SMA/SMK Samarinda. (yans/sul/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait