Dibuka Wagub, Diuji Penguji Profesional

* Tes Psikologi Pengisian Jabatan Struktural Lowong


SAMARINDA - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim HM Yadi Robyan Noor mengatakan, pembukaan tes psikologi dan fit and proper tes untuk pengisian jabatan struktural eselon II-IV yang lowong di lingkungan Pemprov Kaltim secara terbuka akan dibuka Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy, Senin (4/3) di Kantor Dinas Kehutanan Kaltim Samarinda. Sementara, tes tersebut akan diuji oleh penguji  profesional yang kompeten.
“Hal ini sesuai Keputusan Gubernur Kaltim Nomor 800/K/97/2013 tertanggal 31 Januari 2013 tentang pembentukan panitia seleksi pengisian jabatan struktural yang lowong secara terbuka di lingkungan Pemprov Kaltim. Tes psikologi dilakukan pihak independen yang sudah punya pengalaman, baik di level nasional maupun internasional,”  kata HM Robyan Noor, Ahad kemarin (3/3).
Dijelaskan, hasil tes tersebut, khususnya tes psikologi diharapkan dapat diakui dan dapat dipertanggungjawabkan. Karena, penguji dari tes tersebut adalah orang yang telah dipercaya, jumlahnya sebanyak tujuh orang.
Menurut dia, BKD Kaltim hanya bisa mengarahkan saja bagaimana proses pelaksanaan tersebut. Hasilnya, ditentukan oleh tim seleksi dan Gubernur Kaltim. “Yang jelas, kami berharap peserta dapat hadir pada tes tersebut. Karena tes ini hanya satu kali dilakukan,” jelasnya.
Sementara, fit and proper tes dilakukan oleh tim seleksi, yang terdiri dari Baperjakat di lingkungan Pemprov Kaltim, ditambah dengan pihak akademisi, pakar dari instansi yang akan dilamar oleh peserta. Selain itu, lanjut dia, terkait mengenai masa sanggah yang diberikan terhadap peserta yang telah mengikuti tes, diharapkan peserta tidak perlu merasa panik, jika memang tidak memiliki masalah.  (jay/hmsprov)
 

Berita Terkait