Dihadiri Presiden atau Wapres

Puncak Peringatan Festival Derawan


TANJUNG REDEB – Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan puncak peringatan Festival Derawan yang dijadwalkan digelar di Pulau Maratua, 22 September 2013 akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau Wakil Presiden.
Hal itu disampaikan, Gubernur Awang Faroek Ishak saat menyampaikan laporan kesiapan pelaksanaan Festival Derawan kepada Menkokesra Agung Laksono yang memimpin Koordinasi Tingkat Menteri terkait pelaksanaan Festival Derawan, di Tanjung Redeb, Kamis malam (27/6). Festival Derawan merupakan rangkaian dari Sail Komodo di Nusa Tenggara Timur, tahun ini.
Dalam kesempatan itu, Awang mengatakan Kabupaten Berau, khususnya sejumlah objek wisata di Gugusan Kepulauan Derawan menjadi salah satu dari tujuh pusat pertumbuhan ekonomi Kaltim yang mengandalkan sumber daya kepariwisataan.
“Bantuan Pemerintah Pusat sangat diperlukan sebagai upaya percepatan pembangunan daerah, sehingga mampu mendorong kesejahteraan masyarakat yang berada di sekitar objek wisata dan menambah pendapatan asli daerah. Festival Derawan sangat berarti untuk mencapai tujuan tersebut,” kata Awang Faroek.
Karena itu, Awang minta agar Menkokesra, Agung Laksono bisa memberikan kepastian, terkait dengan kehadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau Wapres Budiono.
Dia mengatakan Kaltim, sudah sangat siap menggelar Festival Derawan, bahkan saat ini sudah dilakukan kegiatan berupa lomba menyelam. Selain itu juga digelar Rally Kapal (yacht rally), lomba selam, renang, upacara bendera HUT RI di Pulau Maratua, expo kepariwisataan, foto bawah laut dan pemecahan rekor dunia, berupa kegiatan penyelamam yang dilakukan oleh atlet berusia 50 tahun ke atas.
Menanggapi laporan tersebut, Agung Laksono berjanji menyampaikan hal itu kepada Presiden atau Wapres, sehingga bisa meluangkan waktu atau menjadwalkan kehadiran salah satu dari keduanya pada puncak Festival Derawan. (santos/hmsprov).

//Foto: POTENSI WISATA. Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak (kiri) dan Menkokesra Agung Laksono (tengah) mendapat penjelasan tentang Festival Derawan dari Bupati Berau H Makmur HAPK. (syaiful/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait