Diharapkan Menghasilkan SDM Andal

Diklat Barang Jasa dan Sertifikasi Angkatan II

SAMARINDA - Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) Kaltim H Syafrudin Pernyata mengatakan, Diklat  merupakan salah satu bentuk kegiatan peningkatan kompetensi dan bagian integral dalam manajemen sumber daya manusia (SDM).  
"Melalui pendidikan dan pelatihan  Barang Jasa dan Sertifikasi dan Penyusunan Renstra/ Lakip, diharapkan dapat mewujudkan  peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dari para peserta sehingga dapat melaksanakan tugas dan kewajiban dengan lebih baik sebagai abdi masyarakat," kata Syafrudin Pernyata mewakili gubernur Kaltim saat membuka Diklat Barang Jasa dan Sertifikasi Angkatan II dan Penyusunan Renstra/ Lakip angkatan III di aula Bandiklat Samarinda Seberang, Selasa (1/9).   
Dia menjelaskan, mengikuti diklat merupakan sebuah kesempatan yang luar biasa. Karena itu manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih luas.   
"Kualitas  aparatur pemerintah tidak mungkin akan meningkat dengan sendirinya tanpa adanya upaya-upaya konkrit untuk meningkatkan kompetensi, salah satunya  melalui pendidikan dan pelatihan," ujarnya.
Dijelaskan instansi pemerintah sebagai salah satu unsur pelayan masyarakat selayaknya memiliki semangat untuk menuju kinerja yang semakin baik. Oleh karena itu SDM didalamnya harus mempunyai kompetensi yang cukup untuk mengatur dan mengelola sebuah organisasi.
"Profesionalisme kerja aparatur pemerintah merupakan hal yang wajib dilakukan untuk mewujudkan pelayanan pemerintah yang baik. Selain itu penanaman nilai-nilai profesionalisme melalui kegiatan diklat diharapkan dapat membantu para peserta diklat untuk berperan dalam mewujudkan pemerintah yang bersih dan berwibawa," ujarnya.  
Terkait  Diklat Penyusunan Renstra dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), juga sangat penting. Melalui diklat ini peserta dilatih agar mampu menyusun rencana strategis sesuai dengan penjabaran RPJMD serta mampu mengukur kemampuan instansi dalam pencapaian visi, misi dan tujuan organisasi dan mampu melakukan analisis, membaca dan menyajikan catatan kemajuan pencapaian visi dan misi Daerah. (sar/hmsprov).

///FOTO : Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) Kaltim H Syafrudin Pernyata mengalungkan tanda peserta pelatihan.(sarjono/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation