Dikawal Ketat Hindari Kebocoran Soal UN di Kaltim

Distribusi Soal UN Dimulai


SAMARINDA - Pendistribusian soal Ujian Nasional (UN) Tahun Ajaran 2012/2013 di Kaltim mulai dilakukan dengan pengawalan ketat aparat kepolisian daerah (Polda) Kaltim. Pengiriman dari Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim hingga ke sejumlah sekolah, sejak 11 April.
Pelaksana Harian Kadisdik Kaltim,  Hj Dayang Budiati mengatakan, untuk pengiriman soal ke kawasan utara Kaltim yang jarak tempuhnya  jauh dan terpencil, distribusi soal dengan pesawat dari Bandara Sepinggan Balikpapan.  
“Mulai hari ini,  soal didistribusikan ke kabupaten/kota. Distribusi dilakukan ke wilayah perbatasan dan kawasan utara Kaltim, yakni Malinau, Nunukan, Bulungan, Tarakan, Tana Tidung, Berau dan Kutai Barat,” kata Dayang Budiati, Kamis (11/4).  
Distribusi tersebut, sambung dia, dilakukan bekerjasama antara Disdik Kaltim dengan PT Pos Indonesia menggunakan jasa penerbangan ke wilayah perbatasan. Sementara untuk wilayah selatan dan tengah, yakni PPU, Paser, Balikpapan, Kutai Timur, Tenggarong dan Samarinda distribusi baru akan dilakukan pada H-3 jelang ujian.
Diharapkan, Kamis (11/4) berkas soal tersebut sudah diterima masing-masing kabupaten/kota di wilayah utara Kaltim dan Kutai Barat. Sedangkan soal ujian yang didistribusikan ke wilayah selatan dan tengah diharapkan Jumat  hari ini sudah diterima masing-masing sekolah.
Terkait antisipasi soal ujian agar tidak bocor, Disdik Kaltim juga bekerjasama dengan jajaran petugas dari Polda Kaltim untuk pengawalan. Dia berharap kebocoran soal yang dikhawatirkan itu tidak terjadi di Kaltim.
Pengawalan distribusi dilakukan sejak keluar percetakan hingga ke masing-masing provinsi.   “Jadi, untuk pengamanan tidak ada masalah dan ini juga sudah kami lakukan mulai tahun-tahun sebelumnya,” jelas Dayang Budiati.  Pelaksanaan UN untuk tingkat SLTA dimulai serentak sejak 15-18 April ini. (jay/hmsprov)

///Foto : Hj Dayang Budiati

Berita Terkait
Government Public Relation