Dimeriahkan Lomba Seni dan Budaya

SAMARINDA - Berbagai lomba seni dan budaya akan ditampilkan pada Pekan Daerah Kontak Tani dan Nelayan Andalan (Peda KTNA) VIII 2013, 7-10 Juni di kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda. Selain lomba tari, menyanyi, baca puisi dan lomba busana daerah, panitia juga akan menampilkan hiburan wayang kulit. 

Demikian disampaikan Kepala Seksi Festival Kesenian Daerah Peda KTNA VIII, Ismed Rizal di Samarinda, Rabu (5/6).

"Selain menghadirkan perkembangan sektor pertanian dalam arti luas, Peda juga akan dimeriahkan dengan festival kesenian daerah yang melombakan berbagai seni dan budaya masing-masing daerah. Kita ingin seluruh peserta dari 14 kabupaten/kota terhibur selama pertemuan akbar para petani di Kaltim ini," ujarnya.

Dijelaskan,  beberapa acara yang menjadi tanggungjawab seksi festival kesenian diantaranya menyiapkan tarian selamat datang. Tarian ini menggambarkan suka cita dan kegembiraan serta semangat perayaan. Tari sekapur sirih akan dibawakan oleh Komunitas Tari Seraong dengan jumlah penari sebanyak 10 orang.

Sedangkan Paduan Suara dari STIKES Samarinda akan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Kaltim dan Mars KTNA. Selain itu juga akan digelar beberapa lomba yaitu lomba tari, menyanyi, baca puisi dan busana daerah.

Bagi pemenang lomba tari, menyanyi, baca puisi dan berbusana daerah, panitia menyediakan piagam, piala dan hadiah berupa barang yang disiapkan untuk sepuluh pemenang.

"Prinsipnya seluruh  peserta di Peda KTNA ini dapat bergembira dengan hadirnya kesenian dan budaya yang ditampilkan dari petani dan untuk petani ini," ucapnya. (yul/hmsprov)

Berita Terkait