Diminta Buat Program Sederhana
Pengurus POBSI Kaltim 
 
SAMARINDA – Pengurus Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Kaltim periode 2013-2017 diharapkan dapat membuat program yang sederhana namun dapat direalisasikan dan memberikan dampak pada perkembangan Cabang Olahraga (Cabor) biliar di Kaltim.   
Demikian harapan Gubernur Kaltim, Dr. H. Awang Faroek Ishak yang disampaikan melalui Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda dan Olahrana (Dispora) Kaltim, H. Ego Ariffin, Jumat malam (5/7). 
“Pemerintah Provinsi Kaltim memberi apresiasi terhadap berbagai kegiatan kejuaraan biliar. Tujuannya, selain untuk meningkatkan prestasi dan melahirkan bibit-bibit baru,  juga sebagai  sebagai upaya mempopulerkan olahraga biliar agar lebih diminati masyarakat,” ujarnya. 
Pembinaan dan pengembangan olahraga tidak dapat dipisahkan dari pembinaan dan pengembangan olahraga Nasional sebagaimana  tertuang dalam UU No.3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. 
Dalam Undang-Undang tersebut dijelaskan bahwa pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi, perlu diadakan kompetisi secara berjenjang dan berkelanjutan, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional. 
”Kita masih ingat pada tahun 2010 lalu, Kaltim mampu melaksanakan Kejuaraan Internasional Biliar Bola Sembilan Tahun 2010 atau yang dikenal dengan International Nine Ball Billiard Championship 2010 di Kota Samarinda,” ujarnya. 
Sementara itu Ketua KONI Kaltim, Zuhdi Yahya menjelaskan salah satu kendala pembinaan biliar adalah karena tidak adanya sarana dan prasarana latihan. Atlet-atlet daerah dan nasional Kaltim berlatih secara berpindah-pindah dari satu klub biliar ke klub biliar agar barang-barang bekas Pekan Olahraga Nasional (XVII) 2008 di Kaltim dapat digunakan sebagai alat latihan. 
“Jumlah meja biliar yang terdata mencapai 60 meja. Untuk itu kita meminta agar barang-barang tersebut dapat digunakan sesuai dengan peraturan yang semestinya,” harapnya. 
Pelantikan Kepengurusan  Daerah POBSI Kaltim ini dilakukan oleh Ketua PB POBSI Pusat, Tutuk Hermawan. POBSI Kaltim periode 2013-2017 diketuai oleh Alphad  Syarif. (yul/hmsprov)
 
 
 
Berita Terkait
Government Public Relation