Dinas Perikanan Bantu KUB di Paser dan PPU

 

SAMARINDA - Kunjungan kerja Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak bersama para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kaltim  di Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara (PPU), tidak saja meninjau beberapa proyek pembangunan infrastruktur, tetapi juga menyerahkan berbagai bantuan.

Diantaranya penyerahan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kaltim  melalui dana APBD Provinsi Kaltim kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) di daerah.     

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kaltim Nur Sigit menjelaskan, bantuan untuk KUB di Kabupaten Paser  sebanyak 29 paket  dengan  dengan nilai nominal Rp 1,67 miliar. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kaltim H Awang Froek Ishak kepada 6 perwakilan KUB nelayan di Paser.

"Bantuan  yang diberikan  untuk bidang  budidaya terdiri dari paket  kolam terpal, paket pakan ikan dan paket benih lele maupun benur udang. Sedang paket  bidang perikanan tangkap terdiri mesin ketinting, mesin kapal 24 PK dan alat tangkap berupa  jaring insang (gillnet melenium)," kata Nur Sigit. 

Sementera bantuan untuk Kabupaten PPU melalui APBD Kaltim kurang lebih Rp 1,95 miliar untuk kegiatan bidang budidaya  meliputi 5 paket yakni kolam terpal, pakan  ikan dan benih ikan atau benur udang. Kemudian bantuan untuk perikanan tangkap Rp 1,8 miliar   total keseluruhan 1,95 miliar

"Bantuan tersebut diri perahu nelayan  bersama mesin ketinting, mesin kapal 24 PK, perlengkapan perbengkelan serta  meningkatkan  keterampilan nelayan  melalu pelatihan perbengkelan untuk memperbaiki mesin ketinting maupun mesin kapal apabila mengalami kerusakan," ujarnya.

Melalui bantuan yang diberikan, Nur Sigit mengharapkan  selain untuk menumbuhkembangkan Unit Pembenihan Rakyat  (UPR) yang ada di desa, kelurahan maupun kecamatan, sehingga dengan adanya UPR masyarakat bisa lebih mudah dan cepat mendapat benih ikan maupun udang  dengan begitu  pembudidayaan  ikan  maupun udang bisa dilakukan secara  berkesinambungan.

"Bantuan ini diharapkan  dapat meningkatkan pendapatan hasil tangkap nelayan yang tentunya berimbas pada peningkatan taraf kesejahteraan para nelayan," kata Nur Sigit.  

Selain Kabupaten Paser dan PPU, bantuan  serupa nantinya juga akan diberikan kepada  kelompok usaha bersama yang ada di kabupaten dan kota, seperti nelayan yang ada  Bontang, Kutai Timur, Berau dan kabupaten lainnya. (mar/sul/es/humasprov)

Berita Terkait