Dinkes Kaltim Siap Laksanakan PIN Polio 2016

SAMARINDA - Dinas Kesehatan Kaltim siap  menyukseskan pelaksanaan program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016. Koordinasi telah dilakukan  dengan kabupaten dan kota serta lembaga dan instansi vertikal. PIN Polio 2016 dilaksanakan serentak di Indonesia pada 8 hingga 15 Maret 2016.

"Dengan kesiapan  yang sudah dilaksanakan, diharapkan seluruh  lapisan masyarakat,  khususnya yang mempunyai balita 0-59 bulan pada saatnya nanti bisa datang ke Pos PIN atau pos pelayanan kesehatan lainnya yang terdekat  untuk mendapatkan vaksin polio," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim dr Hj Rini Retno Sukesi.  

Dikatakan, dengan suksesnya pelaksanaan PIN Polio di Kaltim, berarti Kaltim sudah berkontribusi terhadap deradikasi polio, baik secara nasional maupun internasional.  Para orang tua diimbau agar membawa bayi-bayi mereka pada tanggal pelaksanaan PIN tersebut.

PIN Polio adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada balita tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya. Tujuannya mengurangi resiko penularan virus polio yang datang dari negara lain, sekaligus memastikan tingkat kekebalan masyarakat  terhadap penyakit polio dan memberikan perlindungan secara optimal dan merata  bagi balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio.

"Dengan vaksin polio  kita dapat memberikan perlindungan yang optimal kepada seluruh anak terhadap virus polio. Adapun sasaran yang ingin dicapai adalah sebanyak 338.759  balita dengan umur 0-59 bulan  yang tersebar pada  10 kabupaten/kota. Sedangkan Pos PIN yang sudah tersedia sebanyak 4.609 pos pelayanan," paparnya. (mar/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait
Government Public Relation