Dinkes Kaltim Seleksi Tenaga Kesehatan Teladan

SAMARINDA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kaltim setiap tahun selalu  memberikan apresiasi berupa  penghargaan kepada tenaga kesehatan yang telah mengabdi di Puskesmas di kabupatan/kota baik itu dokter, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, serta tenaga kesehatan lainnya.

"Kegiatan pemberian pengharagaan kepada tenaga kesehatan teladan sudah diagendakan setiap tahun  oleh Dinas Kesehatan Kaltim sebagai apresiasi kepada tenaga kesehatan yang telah memberikan pengabdian dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat di masing-masing Puskesmas," kata Kepala Dinas Kesehatan Kaltim dr Hj Rini Retno Sukesi, Senin (13/6).  

Tenaga kesehatan yang akan mendapatkan penghargaan sebagai tenaga kesehatan teladan di Puseksmas terdiri atas 9 jenis kategori penghargaan yaitu untuk dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli gizi, ahli teknologi laboratorium medika dan tenaga kefarmasian.

"Sekarang sudah dilakukan tahap penyeleksian, dimana  tenaga kesehatan  yang diseleksi  adalah mereka  yang  sudah mengabdi  di Puskesmas  minimal 3 tahun," ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut Rini, untuk mendapatkan calon penerima penghargaan sebagai tenaga kesehatan teladan, panitia penilai tidak hanya melakukan  wawancara dan presentasi terkait inovasi dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Tetapi juga melakukan peninjauan lapangan.

"Khususnya untuk mengetahui kinerja para calon dengan menanyakan langsung kepada masyarakat setempat yang sekarang ini sedang dilaksanakan oleh panitia penilai," kata Rini.

Untuk pengumuman  siapa saja yang berhak menyandang  tenaga kesehatan teladan, nantinya akan dilakukan sebelum sebelum  peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan RI  17 Agustus 2016. Sementara penyerahan piala dan piagam rencananya dilakukan pada saat pelaksanaan peringatan Hari Proklamasi RI.

"Untuk pemenang tenaga kesehatan teladan tingkat Provinsi Kaltim, nantinya juga akan kita usulkan ke pusat, sebagai calon nominasi tenaga kesehatan teladan tingkat nasional sebagai wakil Kaltim," ujar Rini. (mar/sul/es/humasprov)

Berita Terkait