Dinkes Siap Latih 180 Tenaga Puskesmas.

Tingkatkan Standar Pelayanan Kesehatan

SAMARINDA - Pada tahun 2016 nanti, dalam rangka meningkatkan standar pelayanan kesehatan di provinsi Kaltim, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim, siap mengadakan pelatihan bagi 180 tenaga puskesmas di seluruh kabupaten/kota.

Pelatihan ini memiliki tujuan utama untuk semakin memperkuat tenaga kesehatan di puskesmas dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

“Puskesmas ini adalah ujung tombak dari pelayanan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, karena puskesmas bersinggungan langsung dengan masyarakat,” sebut Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kaltim, dr Meiliana, Selasa (17/11).

Karena itulah, tenaga kesehatan yang ada di dalam Puskesmas harus benar-benar memiliki pengetahuan dan kemampuan yang berkualitas, sehingga bisa memberikan pelayanan yang memuaskan kepada masyarakat. Apalagi, Puskesmas sekarang tidak hanya memiliki fungsi pelayanan kuratif (pengobatan), namun juga pelayanan preventif (pencegahan), promotif (peningkatan), dan rehabilitatif (pemulihan).

“Sebagai lembaga yang memang harus mengedepankan pelayanan, kami terus berupaya agar Puskesmas di Kaltim ramah kepada masyarakat, khususnya ramah remaja,” tambahnya.

Ramah kepada masyarakat yang dimaksudkan adalah dalam memberikan pelayanan, masyarakat jangan sampai dilayani dengan sembarangan, harus dengan ramah dan kekeluargaan. Apalagi, lanjut Meiliana, remaja masih banyak yang menganggap Puskesmas sebagai tempatnya anak-anak kecil dan lansia, bukan tempat berobat bagi remaja.

Ini dikarenakan, Program Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) di Kaltim masih belum berjalan maksimal. Puskesmas sebagai pusat data kesehatan bagi Dinkes Kab/Kota maupun Provinsi, masih belum maksimal dalam mengumpulkan data mengenai kesehatan remaja.

“Sekarang saja, data dari beberapa Puskesmas di Kabupaten/Kota terkait kesehatan reproduksi remaja masih banyak yang belum masuk ke kami (Dinkes Kaltim)” sebutnya.

Oleh sebab itulah, PKPR menjadi salah satu agenda utama yang akan di sampaikan kepada tenaga Puskesmas yang akan menjalani pelatihan nanti.

“Semuanya kan kita evaluasi bersama, semoga setelah pelatihan nanti, PKPR dan program lainnya bisa berjalan dengan baik, dan Puskesmas semakin menjadi ‘teman’ baik masyarakat,” tutupnya. (aka/hmsprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation