Dinsos Bentuk Sahabat Tagana


SAMARINDA – Penanggulangan bencana di satu kawasan, membutuhkan peran semua pihak, termasuk masyarakat, dengan harapan penanganan saat terjadi dan pasca bencana bisa berjalan cepat, tepat dsn lancar, sesuai harapan.

Berkaitan dengan hal itu, Dinas Sosial  Kaltim segera membentuk Sahabat Tagana di seluruh gugus tugas Taruna Siaga Bencana (Tagana) di setiap kabupaten dan kota di daerah ini.

Kepala Dinas Sosial Kaltim Hj Siti Rosmalia Idrus mengatakan Sahabat Tagana merupakan program nasional yang telah dicanangkan Menteri Sosial pada HUT ke-12 Tagana pada 2016. Sahabat Tagana merupakan strategi sekaligus upaya pemerintah dalam percepatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat.

Dia menyebutkan saat ini di Kaltim jumlah Tagana mencapai  362 personil yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten dan kota. “Apabila 362 personil Tagana itu masing-masing personil minimal memiliki lima sahabat. Maka, akan terdapat 1.810  sahabat Tagana yang punya semangat kepedulian dalam penanggulangan bencana,” kata Rosmalia, akhir pekan lalu.

Selain itu, jika setiap Sahabat Tagana melakukan satu aktivitas penanggulangan bencana di suatu daerah, akan ada 1.810 aktivitas yang sangat mempengaruhi akselerasi penanggulangan bencana di daerah tersebut.

Rosmalia menjelaskan pihaknya secara bertahap terus melakukan peningkatan kapasitas dan kompetensi serta keterampilan petugas Tagana agar lebih profesional dan tangguh.

“Kita berharap petugas Tagana menjadi petugas shelter (pengungsian) yang mampu menyelamatkan dan melayani para korban bencana di pengungsian agar merasa aman serta terayomi,” katanya. (yans/es/humasprov)

Berita Terkait