Dinsos Kaltim Akan Terus Galakkan Razia Gepeng dan Anjal

SAMARINDA – Dinas Sosial Kaltim akan terus melakukan razia gelandangan dan pengemis (Gepeng) dan anak jalanan (Anjal) berkoordinasi dengan Dinas Sosial kabupaten/kota, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan kepolisian setempat.

Demikian ditegaskan Kepala Dinas Sosial Kaltim, H. Bere Ali, Rabu (6/3) menamnggapi kelanjutan razia gepeng dan anak jalanan yang telah dilaksanakan bulan lalu.

"Kegiatan razia gepeng dan anak jalanan akan terus kami lakukan dengan melibatkan instansi sosial di kabupaten/kota terkait, pihak kepolisian dan Satpol PP setempat, Selama ini kegiatan razia cukup efektif mencegah dan mengurangi bertambahnya  jumlah gepeng dan anak jalanan di kabupaten/kota," jelasnya.

Dalam razia di Samarinda beberapa waktu lalu, Dinas Sosial Kaltim dan instansi terkait berhasil mengamankan 16 gepeng anak-anak, remaja hingga dewasa dan penyandang cacat.

Didampingi Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Hj, Farida  Aryani, Bere Ali berjanji akan memberikan sanski keras jika para Gepeng dan anak jalanan  kembali tertangkap. Sementara untuk anak di bawah umur dan usia sekolah, orang tua harus bertanggungjawab jika anak mereka kembali turun ke jalan.

"Jadi untuk Gepeng yang terjaring dalam razia lalu telah menjalani pembinaan dengan harapan tidak lagi mengulangi perbuatan yang merupakan penyakit sosial di masyarakat. Bagi yang tidak memiliki keluarga akan dititipkan ke panti asuhan," jelasnya.

Saat ini Dinas Sosial Provinsi Kaltim memiliki sejumlah panti, diantaranya untuk menmapung lanjut usia, yakni  Panti Asuhan Tresna Werdha Marga Rahayu Tanjung Selor dan Panti Asuhan Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda. Kemudian  Panti Sosial Anak Harapan Samarinda, Panti Asuhan Bina Remaja Samarinda, Panti Sosial Karya Wanita Harapan Mulia Samarinda  .

“Kita telah merencanakan membangun panti khusus untuk menampung dan merehabilitasi   Gepeng dan anak jalanan. Semoga  pada tahun 2013 atau paling lambat 2014 panti khusus tersebut dibangun,” ujarnya.(yul/gmsprov)

Foto : Sejumlah Gepeng yang tertangkap saat sejumlah petugas dari Dinas Sosial Kaltim dan Satpol PP Samarinda melakukan razia beberapa waktu lalu.(Ist)

Berita Terkait