Dinsos Kaltim Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Sosial PPU

Dinsos Kaltim Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Sosial PPU

SAMARINDA - Dinas Sosial Kaltim menyalurkan bantuan untuk korban bencana sosial di Penajam Paser Utara (PPU) baru-baru ini.

Bantuan dalam bentuk non tunai, dari tingkat ferivikasi data di lapangan sudah dilakukan Tim Dinas Sosial Kaltim. Khususnya membuka dapur umum oleh Tim Tagana Kaltim di sekitaran bencana sosial di PPU, sejak Rabu (16/10/2019) malam.

"Bantuan penyediaan tempat tinggal sementara bagi korban yang rumahnya terbakar dan kebutuhan makanan sehari-hari. Karena itu, Dinas Sosial Kaltim juga membuka Dapur Umum melalui Tagana," kata Kepala Dinas Sosial Kaltim HM Agus Hari Kusuma diwakili Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Ahmadin, di Samarinda, Minggu (20/10/2019).

Selain itu, mendukung penanganannya akan ada bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos RI) melalui alokasi anggaran Tahun 2019.

Bantuan tersebut, saat ini masih dalam tahap proses di Kemensos RI. Rencana disalurkan untuk keluarga korban jiwa atau ahli waris sebesar Rp15 juta, bantuan bahan bagunan rumah (BBR) dan usaha ekonomi kreatif bagi 10 warung atau kios di pelabuhan klotok. "Total bantuan diperkirakan Rp3.715.000.000,-," sebutnya.

Dari bencana sosial ini, kerugian dan dampak bencana sosial terdiri korban meninggal satu orang, rumah terbakar 146 unit, warga terdampak 1.200 jiwa, bangunan sekolah satu unit, kios atau warung pelabuhan klotok 10 unit dan ruang loket satu unit.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation