Dinsos Lanjutkan Program Penanganan PMKS

 

SAMARINDA - Dinas Sosial Kaltim akan melanjutkan program penanganan  Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Secara keseluruhan terdapat 26 jenis PMKS dengan jumlah sekitar 300.000 orang.

Kepala  Dinas Sosial Kaltim  Dra Hj Siti Rusmalia Idrus  mengatakan  penanganan PMKS dilakukan di dalam panti dengan 7 program yang harus dilakukan yaitu kecatatan, keterlantaran, kemiskinan, bencana alam, sosial dan korban tindak kekerasan, dan program adat terpencil. 

"Untuk penanganan kemiskinan, sekarang ini kita fokus pada daerah-daerah terpencil, terluar dan daerah tertinggal, dimana program Kementerian Sosial dan Pemprov Kaltim penekanannya memberdayakan mereka dengan cara membentuk  kelompok usaha bersama fakir miskin," kata Siti Rusmalia Idrus, Jumat (20/1).

Untuk panti dibawah penanganan Pemprov Kaltim ada 5 yaitu Panti Perlindungan Anak Dharma di Kecamatan Samarinda Seberang yang jumlah penghuninya sebanyak 120 anak. Panti Sosial Anak Harapan di Jalan Merdeka dengan jumlah penghuni sekitar 120 anak. Panti Sosial Bina Remaja, kemudian Panti Sosial Karya Wanita, serta Panti Jompo Nirwana Puri yang jumlah penghuni seluruhnya 120 orang.   

"Panti-panti itulah  yang kita tangani, bahkan saat ini banyak berkembang panti sosial lain dan yang dikelola swasta. Jumlahnya kurang lebih 120 panti tersebar di seluruh wilayah Kaltim," ujarnya.

Bahkan saat ini,  lanjut  Siti Rusmalia sesuai instruksi Gubernur Kaltim masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemprov Kaltim sudah menangani masing-masing 2 panti untuk pembinaan dan pemberdayaan.

"Kami tinggal memonitor, sampai sejauh mana SKPD tersebut melaksanakan program penanganan PMKS di Kaltim, yang terpenting hak-hak PMKS terpenuhi," kata Siti Rusmalia. (mar/sul/ri/humasprov) 

Berita Terkait
Government Public Relation