Dirjen PMD Puji Kesiapan Kaltim

Rapat Persiapan Gelar TTG XVI 2014 Kaltim

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Ditjen PMD) mengapresiasi persiapan Pemprov Kaltim sebagai Tuan Rumah Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XVI 2014, yang dijadwalkan pada 18-23 Juni dan dipusatkan di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda.

Hal itu diungkapkan Direktur Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna Pedesaan (SDA dan TTGP) Yuliati dalam Rapat Persiapan I Gelar TTG XVI 2014 bersama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim dan 32 provinsi lain se Indonesia, di Kantor Dirjen PMD Kemendagri, Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (18/3).

“Saya memuji kesiapan Kaltim untuk Gelar TTG XVI 2014. Dengan fasilitas dan prasarana yang dimiliki, saya berharap pelaksanaan Gelar TTG kali ini bisa lebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Yuliati yang menyampaikan sambutan tertulis Dirjen PMD Tarmizi A Karim.

Yuliati menjelaskan dari hasil survei lapangan yang dilakukan tim pendahuluan Dirjen PMD ke pelaksanaan di Stadion Madya Sempaja beberapa waktu lalu, sudah menunjukkan kesiapan Pemprov Kaltim sebagai tuan rumah Gelar TTG yang sudah dilaksanakan sejak 1999. Namun, lanjut dia, masih ada beberapa hal yang harus dibenahi, yakni terkait akomodasi, transportasi maupun keperluan lain untuk peserta.

“Untuk itu dalam rapat ini kita ingin mendapatkan usulan/masukan dari provinsi lainnya agar penyelenggaraan TTG di Samarinda-Kaltim ini berjalan dengan lancar dan sukses, serta benar-benar dapat memberikan manfaat kepada masyarakat banyak,” jelasnya.

Penyelenggaraan Gelar TTG XVI kali ini agak sedikit berbeda, karena sebut Yuliati, panitia menghadirkan delegasi International Exhibition for Young Inventors (IEYI) dari tiga negara ASEAN, yakni Thailand, Vietnam dan Filipina, termasuk Indonesia sendiri, yang terdiri dari remaja berprestasi di bidang kreasi dan inovasi.

Selain itu, kepada daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota yang akan menampilkan berbagai TTG baik berupa fisik maupun non fisik, diminta agar dapat menampilkan TTG yang benar-benar sesuai dengan keunggulan daerahnya masing-masing. Itu juga harus didukung dengan penjelasan tentang proses penggunaannya dan berbagai dokumen pendukung.

“Tidak hanya Gelar TTG, Kaltim juga harus mengemas acara ini dengan peresmian proyek-proyek, karena TTG XVI ini direncanakan akan dihadiri Presiden SBY. Jadi manfaatkan dengan baik momentum ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala BPMPD Kaltim HM Jauhar Efendi mengungkapkan setelah rapat persiapan pertama ini akan digelar rapat persiapan kedua di Samarinda pada minggu keempat April. BPMPD bersama SKPD lainnya di lingkup Pemprov Kaltim akan berusaha sebaik mungkin untuk menyelenggarakan Gelar TTG XVI ini dengan sukses.

“Sesuai arahan gubernur, Gelar TTG XVI ini harus dilaksanakan sebaik-baiknya, jangan bikin malu. Kami bersama seluruh SKPD siap menyukseskannya,” ungkap Jauhar.

Terkait saran dan masukan yang disampaikan dari beberapa provinsi, Jauhar menjawab akan coba mengakomodir dan menindaklanjutinya. Sisa waktu sekitar 90 hari akan dimanfaatkan sebaiknya untuk melakukan persiapan yang lebih baik lagi, untuk mewujudkan kesuksesan sebagai tuan rumah.

“Meskipun pelaksanaan Gelar TTG ini dimajukan dari sebelumnya September-Oktober dan sekarang menjadi Juni, namun kita berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik kepada peserta dari seluruh provinsi di Indonesia,” ucapnya.

Adapun perhelatan Gelar TTG XVI 2014 di Samarinda-Kaltim akan digelar pada 18-23 Juni. Pada 18 Juni akan digelar Welcome Party untuk gubernur seluruh Indonesia di Hotel Mesra Internasional Samarinda. Selanjutnya, pada 19 Juni Gelar TTG XVI 2014 direncanakan akan dibuka oleh Presiden SBY, yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan stan unggulan TTG.

Lalu, pada 20 Juni diadakan lokakarya dan rakornis BPMPD. Dan pada 21 Juni dilaksanakan Widyawisata Teknologi ke Kabupaten Kutai Kartanegara. Pada 18-23 Juni juga digelar Pameran TTG yang diikuti oleh BPMPD provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia, kementerian/lembaga, BUMN/BUMD, swasta dan lainnya. Sedangkan penutupan dilaksanakan pada 23 Juni oleh Menteri Dalam Negeri. (her/sul/es/hmsprov)

////FOTO : Direktur Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna Pedesaan (SDA dan TTGP) Yuliati (kiri) berbincang dengan Kepala BPMPD Kaltim Moh. Jauhar Efendi (dua dari kanan).(heru/humasprov kaltim)

Berita Terkait