Disbudpar Kaltim Adakan Lomba Video Destinasi Wisata

SAMARINDA–Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim akan mengadakan lomba pembuatan video atau film tentang destinasi dan obyek wisata di Kaltim. Dengan lomba ini, diharapkan akan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap potensi dan obyek wisata yang dimiliki oleh masing-masing kabupaten/kota.
Demikian dikatakan Kepala Disbudpar Kaltim, HM Aswin melalui Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, Wahyu Husein Hakim, Rabu (20/11). “Lomba ini dimaksudkan untuk memberikan wadah kepada masyarakat Kaltim yang dinilai telah mampu  membuat atau memproduksi film atau video tentang obyek wisata yang ada di kabupaten/kota masing-masing,” ujarnya.  
Selain bertujuan menumbuhkan minat dan kreatifitas masyarakat, lomba ini juga diharapkan dapat mendorong  minat aktif masyarakat dalam mempromosikan daya tarik wisata melalui destinasi wisata unggulan Kaltim melalui media visual Adapun tema yang dipilih adalah “Pesona Kaltim 2013,” yang memvisualisasikan informasi tentang obyek yang memiliki potensi sebagai destinasi wisata, baik yang telah dikenal wisatawan ataupun yang belum terkenal.
Kegiatan ini terbuka untuk masyarakat umum dan lokasi yang ditampilkan harus merupakan obyek wisata yang ada di Kaltim yang divisualisasikan secara utuh dan bukan penggabungan obyek per obyek.  
Dijelaskan Wahyu, hasil video yang diterima panitia dalam bentuk Compact Disc (CD) atau  Digital Versatile Disc (VCD) dengan durasi tayang antara sepuluh hingga 12 menit dan  merupakan hasil karya peserta sendiri yang belum pernah dipublikasikan atau diikutkan dalam lomba-lomba yang lain.   
Kriteria penilaian lomba oleh juri pembuatan video destinasi wisata 2013 meliputi destinasi wisata, obyek wisata, materi informasi, kualitaas hasil visualisasi dan kesesuaian isi video dengan tema.
“Panitia akan menyiapkan juri penilai dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, praktisi kepariwisataan di Kaltim dan sejumlah wartawan cetak dan elektronik. Sehingga penilaian terhadap produksi peserta akan obyektif dan berkualitas,” ujarnya.
Untuk informasi lebih lanjut, peserta dapat mengakses website Disbudpar Kaltim dengan alamat www.disbudparkaltim.com atau  menghubungi Saudara Said Misbahuddin di nomor handphone 0813 1123 8159 dan Azhari di nomor 0852 464 90646. (yul/hmsprov)


 

Berita Terkait
Government Public Relation