Disbudpar Kaltim Audisi Peserta PS Gita Bahana Nusantara

SAMARINDA - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim Bidang Nilai Budaya Seni dan Film (MBSF) bekerjasama dengan Dirjen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berbasis Seni Budaya menyelenggarakan audisi Paduan Suara (PS) Gita Bahana Nusantara tingkat Provinsi Kaltim 2013 di Samarinda, Rabu (22/5).   
Kepala Disbudpar Kaltim, HM Aswin mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan.  Tahun ini diikuti oleh peserta dari lima kabupaten/kota yaitu Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Nunukan.  
"Kaltim akan mengirimkan empat peserta untuk bergabung dengan putra-putri terbaik dari 33 provinsi di Indonesia untuk tampil pada acara detik-detik proklamasi di Istana Merdeka dan pada pidato kenegaraan Presiden RI saat sidang istimewa DPR/MPR RI," jelasnya.  
Lanjutnya, keikutsertaan Kaltim dalam kegiatan paduan suara Gita Bahana Nusantara sejak  2006, sementara jenis suara yang dicari adalah suara sofran dan alto untuk putri serta suara tennor dan bass untuk putra. Melalui musik diharapkan para generasi muda lebih menumbuhkan rasa bangga dan cinta Tanah Air Indonesia.  
Tidak dapat dipungkiri bahwa musik telah dapat menggugah gairah dan semangat generasi muda. Tidak saja melalui lagu-lagu dari berbagai aliran musik tetapi juga diharapkan dapat membangkitkan rasa kebangsaan melalui lagu-lagu patriotisme bangsa.  
Para peserta audisi dituntut mempunyai kemampuan membaca not angka atau notasi serta memiliki kemampuan musikalitas yang baik. Selain itu, peserta harus mempunyai keseimbangan suara dan mampu bernyanyi secara kelompok.  
Setelah terpilih di tingkat provinsi, empat peserta yang lolos menjadi anggota PS Gita Bahana Nusantara, seluruh pembiayaan akan ditanggung oleh Provinsi Kaltim. Selanjutnya untuk pemusatan latihan akan ditanggung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.  
"Setelah terpilih empat putra-putri Kaltim, maka akan dikirim untuk mengikuti pusat pelatihan mulai 1 Agustus sampai dengan 18 agustus 2013 di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur Jakarta bersama ratusan peserta seluruh Indonesia lainnya," jelasnya. (yul/hmsprov).

///Foto : Sejumlah peserta yang akan tampil pada audisi Paduan Suara (PS) Gita Bahana Nusantara tingkat Provinsi Kaltim 2013.(yuliawan/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation