Disbudpar Kaltim Bawa Pokdarwis Berprestasi ke Bali

SAMARINDA – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim membawa sejumlah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dari seluruh Kaltim untuk mengunjungi beberapa obyek wisata di pulau Bali.
Demikian dikatakan Kepala Bidang Usaha Jasa dan Pariwisata Disbudpar Kaltim, H. Mohammad Rozaly di Samarinda, pekan lalu.
“Pokdarwis yang kita bawa ke Bali ini adalah juara pertama Pokdarwis tingkat Kaltim dari Kabupaten Kutai Barat. Selebihnya adalah para anggota Pokdarwis dari kabupaten/kota lainnya yang telah mengikuti lomba Pokdarwis beberapa bulan lalu,” jelasnya.
Dijelaskan, bahwa Pokdarwis dari Kutai Barat ini berhasil menjadi wakil Kaltim di tingkat nasional dan menduduki peringkat ke enam dari 33 provinsi dan penyerahan penghargaan telah dilakukan di Banjarmasin awal September lalu.
Lanjut Rozaly, kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kelompok Sadar Wisata Kaltim, agar pengelolaannya juga dapat meniru beberapa Pokdarwis di pulau dewata.
Rencananya, rombongan yang berjumlah 30 orang ini akan mengunjungi Desa wisata Batu Bulan Kabupaten Gianyar, yang merupakan juara pertama Pokdarwis tingkat nasional tahun 2012.
Selain itu peserta juga akan diajak melihat pengelolaan dan partisipasi masyarakat pada obyek wisata di Ubud, Kintamani dan wisata pantai Kuta.
Diharapkan dari kunjungan ini para peserta dapat mengelola obyek wisata yang dimiliki daerah masing-masing secara swadaya dan mandiri. Selain itu, peserta juga akan dapat melihat pusat kerajinan dan cinderamata yang dapat dikembangkan oleh kabupaten/kota di Kaltim.
“Dari kegiatan ini kita berharap Pokdarwis di Kaltim dapat lebih berprestasi di tingkat nasional. Apalagi pengelolaan pariwisata di daerah mutlak harus melibatkan partisipasi masyarakat setempat,” ujarnya.(yul/hmsprov)
 

Berita Terkait
Government Public Relation