Disbudpar Kaltim Dorong Tumbuhnya Kampung dan Desa Wisata

SAMARINDA – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim terus mendorong kabupaten/kota untuk  menciptakan kampung dan desa budaya baru guna lebih menarik minat wisatawan berkunjung ke Kaltim.

Hal itu diungkapkan Kepala Disbudpar Kaltim, H.M Aswin saat mengomentari mulai bertumbuhnya kampung-kampung dan desa wisata baru di beberapa kabupaten/kota di daerah ini.

“Kita memang terus mendorong dan memberikan dukungan terhadap tumbuhnya kampung-kampung wisata baru. Kesempatan dan peluang inilah yang harus dimanfaatkan oleh kabupaten/kota dalam mewujudkan kampung dan desa wisata tersebut,” ujarnya.

Sejak beberapa tahun terakhir,  telah tumbuh kampung dan desa wisata di beberapa wilayah Kaltim. Sebut saja yang telah terkenal adalah Desa Budaya Dayak di Pampang Samarinda Utara dan Kampung Wisata Nelayan di Bontang Kuala

Selain itu ada Kampung Wisata Sarung Samarinda di Samarinda Seberang, Kampung di atas Air di Balikpapan Barat, Kampung Seni di Pasar Tangga Arung di Tenggarong Kutai Kartanegara, Desa Wisata Pulau Derawan  dan yang kini mulai tumbuh adalah Kampung Amplang di Samarinda Ulu.

Diakui Aswin, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi memang hanya sebatas memberi dukungan dan koordinasi saja, karena segala kebijakan untuk menciptakan kampung wisata ini adalah kewenangan kabupaten/kota masing-masing.

Dengan tumbuhnya kampung-kampung wisata ini, diharapkan setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam menjual obyek wisatanya. Baik obyek wisata budaya, seni pedalaman dan pesisir, maupun kekayaan kuliner daerah.

“Jadi jika ada kabupaten/kota yang menciptakan kampung atau desa wisata baru tentu akan kita dukung, terutama dari program dan promosi,” ujarnya.(yul/hmsprov).

Foto : Pertunjukan tarian yang ditampilkan bagi para pengunjung atau wisatawan yang dating ke Desa Budaya Dayak, Pampang Samarinda Utara.(Ist)

Berita Terkait