Disbudpar Kaltim Kembali Berikan Panji Keberhasilan Kepariwisataan

SAMARINDA – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim akan memberikan penghargaan  kepada kabupaten/kota dan masyarakat yang dinilai berperan dalam pengembangan dan pengelolaan obyek dan industri kepariwisataan di daerah ini. Penghargaan berupa Panji Keberhasilan di Bidang Kepariwisataan itu akan diberikan bertepatan pada Hari Ulang Tahun Provinsi Kaltim ke-57, pada 9 Januari.
“Panji-panji keberhasilan pembangunan kepariwisataan ini akan diberikan kepada kabupaten dan kota, kalangan swasta yang bergerak di bidang pariwisata, kelompok masyarakat bahkan perorangan,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim, HM Aswin, Senin (25/11).
Dia mengatakanm potensi kepariwisataan di Kaltim yang terdiri dari obyek wisata alam, sejarah, seni dan budaya, baik pesisir, keraton serta pedalaman harus dijaga dan dilestarikan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan penghargaan panji-panji keberhasilan pembangunan tersebut bagi mereka yang dianggap berjasa.
Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan penghargaan kepada semua pihak yang berprestasi dalam pengembangan kepariwisataan secara berkelanjutan dan memotivasi semua pihak untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga obyek wisata.
“Semoga kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun ini dapat memberikan kesadaran dan motivasi bagi kabupaten/kota dan masyarakat untuk menjaga dan melestarikan serta mengembangkan potensi kepariwisataan di daerah ini,” ujarnya.
Sementara itu, panitia lomba yang juga Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, Wahyu Husin Hakim menjelaskan sejumlah penghargaan yang akan diberikan, yakni Anugerah Pesona Award untuk kategori obyek dan daya tarik wisata alam.
Dijelaskan, selain kabupaten/kota yang mengajukan obyek wisata unggulan untuk dinilai, tim panitia akan meninjau langsung sejumlah obyek yang diajukan untuk diverivikasi.
“Kita berharap kabupaten/kota segera menyerahkan obyek wisata unggulan untuk dinilai. Kita berharap kualitas  dan kuantitas obyek wisata yang akan dinilai semakin meningkat,” ujarnya.(yul/hmsprov).

// Foto: Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak menyerahkan panji-panji keberhasilan pembangunan kepada sejumlah Bupati dan Walikota pada Puncak Peringatan HUT Provinsi 2013. (foto: dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation